Partai Berkarya: Terjadi Kerinduan Terhadap Pak Harto

0
110
Sekretaris Jenderal Partai Berkarya, Priyo Budi Santoso (Dok. JawaPos.com)

Survei Indo Barometer‎ merilis Presiden Indonesia yang dianggap berhasil dalam memimpin republik ini. Hasilnya Presiden pertama Soeharto menempati posisi teratas.

Sekretaris Jenderal Partai Berkarya, Priyo Budi Santoso menyambut gembira hasil survei Indo Barometer yang menempatkan Soeharto sebagai presiden paling berhasil memimpin Indonesia.

Kata Priyo, seperti diprediksi, akan tiba suatu masa di mana masyarakat luas akan terkenang kembali jasa dan prestasi para pemimpinnya, termasuk era Presiden Soeharto.

“Beberapa tahun belakangan ini, telah terjadi demam kerinduan enaknya zaman Pak Harto di berbagai daerah di tanah air,” ujar Priyo dalam keterangannya kepada JawaPos.com, Senin (21/5).

Oleh sebab itu, Priyo menegaskan pihaknya tidak ragu-ragu mengatakan bahwa salah satu strategi Partai Berkarya adalah mengangkat kembali memori masyarakat pada zaman Soeharto.

“Dengan tagline yang sudah beredar luas ‘luwih enak zamanku to?’ bersama foto Pak Harto dengan senyum khasnya,” katanya.

Selain itu, Priyo juga menyerukan kepada seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama merajut sejarah kebaikan semua zaman, yakni Orde Lama, Orde Baru, maupun Orde Reformasi.

“Kita serap kebaikan-kebaikan, prestasi dan capaian masing-masing orde tanpa harus berlebihan mencela para pemimpin pada zamannya. Bangsa ini akan besar kalau berdamai dengan sejarah dan tidak lagi tenggelam dalam kebencian sejarah,” ungkapnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari menyebut Soeharto merupakan presiden yang paling berhasil memimpin Indonesia.

Qodari mengungkapkan 32,9 persen responden menyatakan Soeharto merupakan presiden yang paling berhasil dalam menjalankan tugasnya.

Qodari menyebutkan peringkat kedua presiden yang dianggap paling berhasil adalah Soekarno dengan perolehan 21,3 persen. Kemudian disusul oleh Joko Widodo (Jokowi) sebesar 17,8 persen, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebesar 11,6 persen, B.J. Habibie sebesar 3,5 persen, Abdurahman Wahid (Gus Dur) sebesar 1,7 persen, dan Megawati Soekarnoputri sebesar 0,6 persen.

Survei Indo Barometer dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia dengan 1.200 responden pada 15-22 April 2018. Margin of error survei tersebut kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen

Sumber: Jawapos.com

Berita sebelumyaIngin Jadi Cawapres, Cak Imin Harus Buktikan Didukung Warga NU
Berita berikutnyaKata Anak Buah SBY, 2019 Saatnya Indonesia Masuk Era Transformasi