Usai Dilantik, Mahathir Janji Kembalikan Dana Pembangunan yang Dikorup

0
152
Mahathir Mohammad usai dilantik menjadi Perdana Menteri Malaysia berjanji mengembalikan uang pembangunan yang dikorupsi (Business Live)

Usai mengucapkan sumpah dalam pelantikannya pada Kamis (10/5) malam, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengungkapkan prioritasnya dalam membangun Malaysia di kabinet barunya. Seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (11/5), Mahathir mengatakan, pemerintahnya akan memprioritaskan soal keuangan negara dan manajemen ekonomi, dan berjanji untuk mengembalikan miliaran dolar yang hilang dalam skandal korupsi di dana negara 1 Malaysia Development Berhad (1 MDB).

“Kami bermaksud untuk membangun ekonomi Malaysia dengan bantuan investor dari dalam dan luar negeri,” kata Mahathir pada konferensi pers di Petaling Jaya.

Ia menjelaskan, akan mencoba membuat nilai ringgit naik setinggi mungkin. Tidak boleh ada penyebab devaluasi ringgit.

Korupsi dana 1 MDB yang menjerat mantan Perdana Menteri Najib Razak
Korupsi dana 1 MDB yang menjerat mantan Perdana Menteri Najib Razak (Reuters) 

“Kami percaya, kami bisa mendapatkan sebagian besar uang 1 MDB kembali. Kami harus meningkatkan kepercayaan investor dalam administrasi,” paparnya.

Mahathir juga ingin memastikan konstitusi dan hukum negara ditegakkan. Pria berusia 92 tahun itu juga mengatakan, dia akan mempelajari hukum berita palsu kontroversial Malaysia.

Dia juga ingin menghapuskan undang-undang yang opresif dan yang menurutnya tidak adil. Ketika ditanya tentang mantan musuh politiknya yang berubah menjadi sekutu, Anwar Ibrahim, Mahathir mengatakan, dia akan mencari pengampunan penuh untuknya dari Raja Malaysia sesegera mungkin.

Saat ini orang-orang Malaysia menikmati liburan pada hari Jumat. Mahathir mengatakan, ia akan tetap pergi bekerja. Mengadakan pertemuan Dewan Kepresidenan Pakatan Harapan untuk membahas pembentukan kabinet baru dan mempertimbangkan pihak-pihak komponen dari aliansi.

“Akhirnya, saya telah dilantik sebagai perdana menteri,” katanya pada awal konferensi pers.

Sumber: Jawapos.com

Berita sebelumyaTargetkan Pasukan Iran, Israel Tembakkan 70 Rudal ke Syria!
Berita berikutnyaKomentar Marquez Soal Keterpurukan Tim Movistar Yamaha