Ini Pemilu Terpanas dalam Sejarah Malaysia

0
127
Warga Malaysia antri mau melakukan pemungutan suara (Free Malaysia Today)

Malaysia sedang melakukan pemilihan umum pada hari ini Rabu, (9/5). Para pengamat mengatakan, pemilu ini akan menjadi pemilu yang paling panas dalam sejarah Malaysia.

Sebanyak 8.253 TPS telah dibuka sejak pukul 8 pagi dan akan ditutup pada pukul 5 sore. Menurut laporan cuaca, hujan akan mengguyur beberapa wilayah di sore hari sehingga Komisi Pemilihan Umum (KPU) mendesak masyarakat untuk datang lebih awal.

Pemerintah Malaysia sudah mengumumkan, hari Rabu menjadi libur nasional. Oleh karena itu, pemerintah mengizinkan semua warga untuk memenuhi tanggung jawab mereka dalam pemilu ke-14 tersebut.

Banyak yang menyatakan, pemilu yang dilakukan di hari kerja ini akan mempengaruhi jumlah pemilih. Sebab ini adalah pertama kalinya sejak dua dekade pemilu di Malaysia dilakukan di hari kerja.

Sabtu kemarin KPU Malaysia membuka 586 tempat pemungutan suara untuk pemungutan suara awal. Para pemilih awal terdiri dari 278.000 Polisi Kerajaan Malaysia, Angkatan Bersenjata Malaysia dan personil satuan tugas khusus dan pasangan mereka. Mereka adalah orang yang memenuhi syarat untuk memilih lebih awal.

Seperti dilansir dari Channel News Asia, baik partai koalisi Barisan Nasional (BN) maupun partai koalisi Pakatan Harapan (PH) harus memenagkan kursi parlemen minimal 112. BN memenangkan 133 kursi dalam pemilihan umum terakhir pada 2013, meskipun kalah dalam pemilihan umum.

Pemilu ini akan menjadi panas ketika para pemilih sudah melakukan pemilihan dan akan ada yang membebani pikiran mereka. Yaitu, bagaimana para pemimpin agar dapat menyesuaikan biaya hidup, pajak barang jasa, dan mengatasi korupsi yang merajalela oleh tokoh-tokoh kunci di pemerintahan yang memungkinkan adanya keributan.

Sumber: Jawapos.com

Berita sebelumyaJelang Pemilu, Kaum Sunni Diperlakukan Seperti Simpatisan ISIS di Irak
Berita berikutnyaPuas Berbulan Madu, Si Senyum Matahari Mulai Kerja Keras Lagi