Petugas Satpol PP Tegur Sejumlah Orang Berkaos #2019GantiPresiden di Area CFD

0
131
PetugasSatpol PP saat mengeur sejumlah orang yang memakai kaos #2019GantiPresiden (Istimewa/NNC)

Deklarasi Akbar Relawan Nasional #2019GantiPresiden digelar di Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat, Minggu (6/5/2018). Lokasi tersebut tidak berada dalam kawasan Car Free Day (CFD).

Namun pantauan NNC di lokasi, sejumlah relawan mengenakan atribut seperti kaos, pin, topi, hingga ikat kepala dengan bertuliskan#2019GantiPresiden, terlihat lalu lalang memasuki kawasan CFD seperti di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, depan bundaran Air Mancur Monas, hingga ke Bundaran Hotel Indonesia.

Melihat hal tersebut, petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta langsung memperingatkan mereka tentang larangan kegiatan politik di kawasan CFD.

Bahkan Petugas Satpol PP memberikan kaos putih polos kepada relawan yang kedapatan memasuki area CFD, untuk menutupi kaus bersablon #2019GantiPresiden yang mereka kenakan.

Pada kesempatan itu, petugas Satpol PP DKI juga melakukan sosialisasi tentang larangan melakukan kegiatan politik di kawasan CFD, sebagaimana diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 12 tahun 2016 tentang pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau CFD.

Dalam Pergub menyebutkan, sepanjang jalur HBKB hanya dapat dimanfaatkan untuk kegitan yang bertema lingkungan hidup, olahraga, seni dan budaya, dan tidak boleh untuk kepentingan partai politik dan SARA serta orasi ajakan untuk menghasut.

Diketahui, ratusan petugas gabungan dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan kepolisian, melakukan penjagaan ketat di kawasan CFD Jakarta Pusat.

Pengawasan ketat dilakukan menyusul adanya dugaan intimidasi dari kelompok #2019GantiPresiden terhadap pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengenakan kaos #DiaSibukKerja di kawasan CFD Bundaran HI, Minggu (28/4/2018) lalu. Kasus tersebut kini ditangani aparat kepolisian.

Sumber: Netralnews.com

Berita sebelumyaPolitisi Gerindra Curiga Polri Tak Netral Dalam Pemilu 2019
Berita berikutnyaAncol Jadi Lokasi Bagi Proyek Pertama Crown Group di Indonesia