Rusia Tertawakan Usulan AS Beri Hadiah Nobel Perdamaian untuk Trump

0
82
Senator Amerika Serikat (AS) mengusulkan agar Presiden AS Donald Trump diberi Nobel Perdamaian (AFP)

Senator Amerika Serikat (AS) mengusulkan agar Presiden AS Donald Trump diberi Nobel Perdamaian. Ia menilai Trump mampu menekan Korut untuk menghentikan uji coba senjata nuklir.

Senator Rusia Konstantin Kosachev mengatakan, AS mencari keutungan dari pertemuan damai antara Kim Jong Un dan Presiden Korsel Moon Jae In. Hal itu sikap yang tak pantas.

Seperti dilansir Russian Today pada Sabtu (28/4), Kosachev mengatakan, tak pantas bagi Senator AS Lindsey Graham mengusulkan Presiden AS Donald Trump menerima hadiah Nobel Perdamaian jika berhasil merundingkan denuklirisasi Semenanjung Korea.

Sebelumnya melalui Twitter-nya, Graham mengatakan, Donald Trump meyakinkan Korea Utara dan Tiongkok kalau dia serius untuk membawa perubahan. “Kami belum sampai sana, tetapi jika ini terjadi, Presiden Trump berhak mendapat Hadiah Nobel Perdamaian,” tulis Graham.

Menanggapi hal tersebut, Kosachev menganggap AS terlalu banyak mengambil keuntungan dari perdamaian antara Korut dan Korsel. “Tentu saja ini tidak benar. AS selama ini memprovokasi ketegangan di Semenanjung Korea dan melakukan provokasi konstan yang ditujukan terhadap Korut, ” katanya pada TASS, Sabtu (28/4).

Jadi, ujar Kosachev, bukanlah kesalahan bila sebelumnya Korut mengeluarkan tekanan melalui senjata nuklir sebab Korut terus diprovokasi tindakan permusuhan oleh AS. Ia menegaskan, perdamaian ini adalah hasil dari upaya bersama oleh banyak negara, termasuk kontribusi signifikan dari Rusia dan Tiongkok.

Awal pekan ini, Kim Jong Un dan Moon Jae In mengadakan KTT perdamaian pertama. Setelah itu kedua pemimpin Korea berjanji untuk mengakhiri perang. Presiden Donald Trump menggambarkan, pertemuan itu sebagai peristiwa bersejarah dan hal yang baik.

Sumber: Jawapos.com

Berita sebelumyaBantah Isu Kekerasan di CFD, Fadli Zon: Mereka Bukan Relawan Prabowo
Berita berikutnyaSaudi Rudal Pemberontak Yaman, 50 Tewas!