Jokowi: Saya Lagi Fokus Kerja, Jangan Direcoki dengan Urusan Elektabilitas

0
110
Presiden Joko Widodo (Istimewa/NNC)

Presiden Joko Widodo akhirnya angkat bicara soal suvei elektabilitas capres yang belakangan ini semakin gencar dibicarakan oleh lembaga-lembaga terkait. Secara tegas, Joko Widodo mengatakan, dirinya sedang fokus menyelesaikan sejumlah program pemerintah yang belum terwujud.

“Saya masih fokus konsentrasi pada pekerjaan-pekerjaan yang banyak yang belum selesai, nggak usah direcoki dengan urusan elektabilitas,” kata Jokowi saat meninjau rencana pengembangan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, Senin (23/4/2018).

Oleh karena itu, Jokowi meminta kesempatan agar bisa tetap berkonsentrasi pada pekerjaannya hingga akhir masa jabatan pada 2019 mendatang.

Meski demikian, mantan Wali Kota Solo ini, tampak tersenyum saat ditanya wartawan soal terus melonjaknya elektabilitas dan popularitas dirinya di kalangan masyarakat.

Dalam beberapa survei dari lembaga survei nasional, diketahui elektabilitas Jokowi yang terus naik dibandingkan elektabilitas lawan-lawan politiknya khususnya Prabowo Subianto dan lainnya.

Salah satu contoh, Cyrus Network yang merilis elektabilitas Jokowi 58,5 persen sementara Prabowo hanya 21,8 persen.

Dalam kunjungannya ke Bandara JB Soedirman Purbalingga, Presiden Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Sekretaris Kabinet Pramono.

Sebelumnya, survei Litbang Kompas yang dilakukan pada 21 Maret hingga 1 April 2018, Jokowi berada di tingkat 55,9%, sementara Prabowo 14,1% dan Gatot Nurmantyo 1,8 %.

Survei tersebut dilakukan kepada 1.200 secara periodik. Dijelaskan, populasi survei adalah warga Indonesia berusia di atas 17 tahun.

Sementara responden dipilih secara acak bertingkat di 32 provinsi yang jumlahnya ditentukan secara proporsional. Disebutkan, Tingkat kepercayaan survei ini 95 persen dengan margin of error plus minus 2,8 persen.

Hasilnya, elektabilitas Jokowi 55,9 persen. Angka tersebut meningkat dibanding survei 6 bulan lalu yang mencatat elektabilitas Jokowi masih 46,3 persen.

Sumber: Netralnews.com

Berita sebelumyaAmien Rais Dihina di Medsos, Pemuda Muhammadiyah Lapor ke Bareskrim Polri
Berita berikutnyaPPP: Keterpilihan Jokowi Tidak Harus 60 Persen