Akibat Banjir, Beberapa Jenazah di Makam Jolok Bantul Hilang

0
285

Berkabar.id – Banjir yang beberapa hari lalu menerjang Bantul menyebabkan hancurnya Makam Jolok di Dusun Kebosungu 2, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Bantul. Akibatnya, sejumlah jasad di makam tersebut dilaporkan hilang.

Akibat banjir, di Makam Jolok juga muncul beberapa cekungan bekas liang lahat. Di cekungan ini juga tampak sejumlah kain kafan dan tulang yang diduga kuat adalah kerangka jasad yang disemayamkan di makam ini.

“Makam ini kan berada persis di pinggir Kali Oya, nah sebagian (makam) kena longsor. Sampai saat ini belum diketahui berapa jenazah yang hilang,” kata salah satu warga, Reza, kepada wartawan, Sabtu (2/12/2017).

Salah seorang warga lainnya, Muhtadi, menerangkan selain jasad hilang ratusan nisan di makam ini juga rusak akibat banjir. Bahkan beberapa nisa hanyut ke Kali Oya hampir 1 kilometer.

“Kami masih bingung (Makam Jolok) mau digimanakan,” ucap Muhtadi.

Ketua RT 02 Kebosungu 2, Fakhori, menambahkan setidaknya ada 300-an makam di Kompleks Makam Jolok. Namun akibat banjir karena luapan kali Oya, tersisa sekitar delapan nisan yang utuh.

Setelah mengetahui Makam Jolok porak-poranda, menurut Fakhori, warga mulai mengumpulkan nisan yang sudah berserakan. Langkah itu diambil agar bisa diketahui letak sebenarnya liang lahat di Makam Jolok.

“Ini kami coba bersihkan dulu, karena juga ada pohon-pohon tumbang di kompleks makam,” tutupnya.

Berita sebelumyaBegini Ini Cara Mengatasi Sakit Kepala Setelah Kehujanan
Berita berikutnyaSamsung Luncurkan Baterai, Mengisi Daya Super Cepat Hanya 12 Menit