KPK Mulai Usut Kekayaan dan Aliran Dana Setya Novanto

0
283

Berkabar.id – Dalam mengusut kasus korupsi e-KTP, Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) tak berhenti pada penahanan terhadap Setya Novanto saja. Namun juga menelusuri aliran dana korupsi mega proyek ini.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, dalam kasus ini, penyidik akan menelisik aset milik Novanto yang diduga berasal atau terkait dengan proyek e-KTP.

“Penyidik mencermati dan mendalami aspek keuangan dan aliran dana dalam kasus ini,” kata Febri di Gedung KPK, Selasa (21/11/2017).

Terlebih, jelas Febri, ada sejumlah pihak yang menerima aliran dana proyek e-KTP secara langsung maupun tidak langsung.

“Tentu aspek-aspek keuangan dan aliran dana jadi bagian yang kita cermati di kasus ini,” ujar Febri.

“Diduga ada sejumlah pihak yang menerima aliran dana baik melalui perantara, langsung ada juga yang dengan cara-cara tertentu. Itu jadi bagian penting bagi KPK untuk lakukan penelusuran lebih lanjut,” sambungnya.

Febri melanjutkan KPK telah mengantongi secara rinci aliran dana dari korupsi e-KTP. KPK juga mendeteksi ada aliran dana dari hasil korupsi yang sudah berubah bentuk menjadi aset dan lainnya.

Demi memaksimalkan pemulihan keuangan negara, lanjut Febri, bukan tidak mungkin KPK akan menerapkan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) kepada tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP, termasuk Setya Novanto.

Namun menurut Febri, sementara ini pihaknya masih fokus di kasus korupsi dan belum mempertimbangkan untuk menjerat Setya Novanto dengan pasal TPPU.

“Sampai saat ini belum ada pembicaraan lebih lanjut pada dugaan TPPU. Kami masih fokus pada mengumpulkan bukti-bukti yang lebih kuat pada proses tindak pidana korupsi yang sudah kita mulai penyidikannya,” tambahnya.

 

Berita sebelumyaJembatan Di Karawang Roboh
Berita berikutnya2018 Citilink Akan Go ASEAN