Jonru Terancam Terkena Pasal Berlapis Karena Status Kebenciannya

0
239

Akibat banyak dilaporkan orang, tersangka kasus ujaran kebencian Jon Riah Ukur alias Jonru Ginting akan dikenakan pasal berlapis. Dengan begitu Jonru terancam akan dikenai kumulatif hukuman.

Wakil Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Ahmad Yusep mengatakan, karena Jonru melakukan perbuatannya secara berulang-ulang, dan banyak yang melaporkan, maka bisa dikenakan pasal berlapis dan diberikan hukuman kumulatif.

” Jonru tidak hanya sekali memosting tulisannya di Facebook yang mengandung ujaran kebencian. Dia melakukan perbuatannya berulang-ulang di Facebook-nya banyak tulisan atau pun postingan berisi ujaran kebencian,” terang Yusep di Jakarta, Rabu (4/10/2017).

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono menerangkan, Polda Metro Jaya telah menerima empat laporan atas Jonru. Dari keempat laporan tersebut, baru satu laporan dari Muannas Alaidid yang dinaikkan ke proses penyidikan.

“Baru satu yang dinaikkan ke penyidikan, yang tiga lagi masih dalam penyelidikan,” ujar Argo.

Sementara ini penyidik menerapkan Pasal 8 jo 45 UU No 16 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU No 8 Tahun 2011 tentang Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Undang-Undang Diskriminasi Ras dan Etnis serta dijerat dengan Pasal 156 KUHP tentang penodaan agama.

 

Berita sebelumyaPolri Belum Berikan Jawaban Tentang Pemeriksaan Ratusan Senjata di Soekarno-Hatta
Berita berikutnyaViral, Video Murid Tendang Gurunya, Karena Ditegur Bermain Handphone Dikelas