Gara-gara Cacing, Didin Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara

0
533

Didin (48) warga Kampung Rarahan, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Jawa Barat terancam 10 tahun penjara, gara-gara mengambil cacing di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat.

Dituturkan Ela Nurhayati, (41) istri Didin, suaminya itu biasa berjualan asongan di sekitar Kebun Raya Cibodas. Namun sudah dua pekan belakangan suaminya memang mengambil cacing Sonari yang dipesan seseorang untuk dijadikan obat tradisional.

“Karena suami saya menyanggupi pesanan tersebut, maka ia pun mulai mencari hewan yang tidak termasuk dilindungi di kawasan taman nasional tersebut,” kata Ela.

Cacing Sonari memang banyak terdapat di kawasan hutan Taman Nasional Pangrango karena keberadaannya tidak di dalam tanah melainkan di tumbuhan Kakada yang menempel di atas pohon-pohon kawasan pegunungan tersebut.

Tak berapa lama, 10 orang pria datang ke rumah mencari Didin. “Mereka mengaku petugas kehutanan yang didampingi aparat kepolisian,” tutur Ela.

Para petugas ini pun langsung menggeledah rumah Didin dan menemukan ember berisi cacing Sonari di belakang rumah. Ember ini yang kemudian dijadikan sebagai barang bukti petugas yang menjerat Didin sebagai perusak 35 hektar lahan di Gunung Gede Pangrango karena aktivitasnya mencari cacing.

Didin kini ditahan di Polres Cianjur sebagai tahanan titipan dari Petugas PPNS Gakkum Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Ia dikenakan pasal 78 ayat (5) dan atau ayat (12) juncto pasal 50 ayat (3) huruf R dan huruf M, Undang-undang nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan dengan ancaman 10 tahun penjara. (Adfi)

Berita sebelumyaWaspadai Batu-batu di Luar, Siapa Tahu Rumah Anda Jadi Target Pencuri!
Berita berikutnyaWah, Kampung Pelangi Jadi Sorotan International