Informasi Penerbangan di Bandara Dubai Memakai Bahasa jawa. Amazing

0
495

Belakangan ini, ada yang sedikit aneh sewaktu berada di Bandara Dubai. Terdengar suara informasi penerbangan yang menggunakan bahasa Jawa halus di bandara tersebut.

”Nuwun sewu, bapak-bapak soho ibu-ibu, penerbangan Emirates EK tigo-gangsal-wolu dateng Jakarta sak meniko bade, …” begitu bunyi pengumuman penerbangan EK 358 rute Dubai-Jakarta di Bandara Dubai, bandara internasional tersibuk di dunia.

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, bahasa Jawa halus tersebut artinya adalah ‘permisi bapak-bapak dan ibu-ibu, penerbangan EK 358 ke Jakarta saat ini akan….’.

Alasan dipakainya bahasa Jawa halus di bandara tersebut adalah untuk memudahkan penumpang yang tidak memahami bahasa Inggris dan bahasa Arab saat akan naik ke pesawat.

Hal itu diungkapkan oleh Divisional Vice President Emirates, Walter Riggans.

”Ini supaya penumpang di Bandara Dubai yang tidak bisa berbahasa Inggris atau Arab bisa merasa nyaman. Bersama pihak bandara, kami memasukkan 26 bahasa dalam sistem untuk dipakai di setiap pintu keberangkatan, sehingga supervisor yang bertugas bisa memilih bahasa sesuai penumpang yang akan terbang,” ucap Riggans.

“Ini sangat membantu mempercepat proses naik pesawat,” tambah Riggans.

Dalam situasi seperti itu, para penumpang yang dari Indonesia merasa kaget dan lucu mendengarnya. Mereka sampai tertawa terbahak-bahak sewaktu mendengarkannya. Untuk penumpang yang bukan dari Indonesi, mereka sempet bertanya darimana Bahasa itu berasal. Namun mereka juga menyanjung bahwa Bahasa Jawa itu enak didengar di telinga.

Seperti dilansir CNN Indonesia, dubbing suara Bahasa Jawa alus ini diisi oleh Widya seorang guru Bahasa Inggris disana. Sudah tiga tahun ini dia menyuarakan informasi penerbangan dengan Bahasa Jawa. Simak Videonya berikut ini. (CPA)

Berita sebelumyaPenutupan Patung Dewa di Tuban Ini Jadi Sorotan Media-Media Internasional
Berita berikutnyaInilah Yang Harus Kita Lakukan Jika Perang Nuklir Terjadi