Wow, Mulai Oktober Tarif Parkir Di Jakarta Naik Sampai 50Ribu Untuk Sekali parkir

0
371

Nampaknya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang gencar-gencarnya mengurangi penggunaan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat untuk melintas di jalanan Ibu Kota. Mulai dari rencana perluasaan sistem ganjil-genap hingga Pembatasan Sepeda Motor (PMS), dan yang terbaru lagi adalah menaikan tarif parkir kendaraan bermotor hingga 10 persen di tahun ini.

Seperti yang dilansir Tim berkabarID, Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta Saefullah, dimana dirinya mengatakan, kemacetan di sejumlah titik lokasi di Jakarta semakin parah, terutama ditengah maraknya pengerjaan proyek infrastruktur saat ini.
Ia mencontohkan, terowongan Matraman-Salemba, serta jalan layang Pancoran.

“Kalau parkirnya murah, orang masih bakal naik kendaraan pribadi. Parkirnya saja dimahalin untuk mobil dan motor. Supaya nanti orang beralih naik kendaraan umum. Tarif parkir kita masih bisa naik sekitar 10 persen dari yang sekarang,” ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta.

Lanjutnya menjelaskan, kini tarif parkir on street sebesar Rp5 ribu per jam, sebagaimana diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 179 Tahun 2013 tentang Tarif Layanan Parkir, dan jika ada kenaikan 10% maka para pengendara kendaraan bermotor harus rela merogoh kocek hingga Rp50 ribu sehari hanya untuk membayar parkir.

Tidak hanya itu, sebelumnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga berencana menaikkan pajak kendaraan bermotor sebesar 10 persen. Langkah itu dilakukan untuk memaksa warga beralih ke transportasi umum.

“Kalau pola ini sudah, kan nanti secara terpaksa orang akan beralih dari transportasi biasa ke kendaraan umum.” tutupnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan tarif parkir baru ini berlaku pada bulan Oktober 2017 mendatang. Kebijakan ini akan berdampak dengan naiknya uang muka atau down payment (DP) pembayaran kendaraan bermotor terutama mobil.

Berita sebelumyaMengerikan, Akibat Cuaca Ekstrim Di Kuwait Pohon Di Pinggir Jalan Pada Terbakar
Berita berikutnyaLakukan 5 Cara Kilat Ini Jika Kamu Ingin Cepat Move On