Baru Diresmikan Jokowi 6 Hari, Tol Salatiga-Solo Amblas

0
15

Bukan main, baru diresmikan Presiden Joko Widodo, 20 Desember lalu, jalan Tol Salatiga-Solo ambles.

Titik lokasi amblesnya jalur bebas hambatan yang baru berfungsi 6 hari itu berada di kilometer 491 atau di timur Balai Desa Tanjungsari, Kecamatan Banyudono, Boyolali.

Timbunan tanah setinggi kurang lebih 10 meter itu longsor sepanjang 100 meter. Konstruksi rigid beton jalan tol itu jadi menggantung, seperti sebuah goa yang cukup lebar dan dalam.

Longsoran tanah juga menutup saluran irigasi teknis persawahan warga. Jika tidak segera ditangani, akan berdampak pada saluran irigasi sawah petani.

Menurut saksi, kejadian kondisi cuaca cerah.Peristiwa itu juga memantik perhatian masyarakat dan pengguna jalan lain.

Tak sedikit warga yang keheranan dengan kejadian itu, mengingat jalan tol Salatiga-Solo ini baru selesai dibangun dan baru saja difungsikan untuk arus mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Padahal di lokasi yang mengalami longsor tersebut, kontur tanah sangat padat. Seperti kondisi tanah yang digunakan pada umumnya. Apalagi saat kejadian tidak sedang hujan. Termasuk di kanan kiri sepanjang jalan tol juga sudah diberi saluran air.

Manager Administrasi PT Jasamarga Solo-Ngawi (JSN) Fatahillah, mengaku kejadian itu sudah cukup lama. Tapi warga kemungkinan baru mengetahuinya Senin (24/12).

“Yang ambrol bukan di jalan tolnya, tapi tanah di pinggir jalan tol yang tergerus aliran air, dan kami langsung memperbaikinya,” ujarnya.

Di lokasi longsor petugas hanya mengamati kondisi tanah timbunan yang longsor tersebut. Meski sudah dilalui ribuan kendaraan dari arah Salatiga, namun belum ada upaya perbaikan sementara atau penguatan.

Berita sebelumya84 Unit Kendaraan Diamankan Polda Banten. Andakah Pemiliknya?
Berita berikutnyaTurban Bertabur Crystal Khloe Kardashian Baby Karya Rinaldy Yunardi Jadi Sorotan Dunia