Gunung di Indonesia yang cocok untuk pendaki pemula

0
355

Mendaki gunung saat ini sudah menjadi Lifestyle anak muda Indonesia, karena cantinkya panorama golden sunrise, ketika di puncak gunung dapat melihat lautan awan membuat hati siapa saja ingin melihatnya secara langsung. Dapat mendaki gunung adalah pengalaman hidup yang membanggakan sekaligus menyenangkan, hal ini membuat mendaki gunung semakin menjamur di kalangan anak muda Indonesia.
Banyak orang yang sudah merasakan mendaki pasti akan rindu untuk kembali mendaki gunung lagi, bahkan bisa kecanduan mendaki. Sementara untuk mereka yang belum mencoba akan tergoda untuk melakukannya agar bisa melihat langsung pemandangan lautan awan dan sunrise yang menjadi daya tarik utama di puncak gunung.
Tapi mendaki gunung bukan hal yang mudah, jadi untuk para pendaki pemula coba lah mendaki gunung-gunung yang medannya cukup ramah agar tidak membahayakan keselamatan kalian, berikut ini gunung-gunung yang cocok untuk para pendaki pemula.
1. Gunung Batur setinggi 1.717 mdpl di Pulau Dewata tak cuma ramah bagi pendaki pemula, tapi juga menawarkan pemandangan yang luar biasa. Tepatnya di daerah Kintamani, kalian bisa menjajal pendakian ke puncak Gunung Batur. Dengan puncak setinggi 1.717 mdpl, gunung indah yang satu ini termasuk ramah buat pemula. Tapi, keindahannya jangan ditanya, pastilah bakal membuatmu terkagum-kagum. Di puncak Gunung Batur, kalian akan menemukan salah satu kaldera terindah di dunia dengan Danau Batur sebagai pusatnya. Untuk sampai di atas, hanya diperlukan waktu sekitar 2-3 jam dengan medan yang tidak terlalu sulit.
2. Gunung Gede setinggi 2.958 mdpl di Bogor, Jawa Barat yang menjadi salah satu gunung favorit pendaki. Untuk sampai ke puncak Gunung Gede yang tingginya 2.958 mdpl, kalian yang masih pemula disarankan mengambil jalur Cibodas yang treknya cukup landai dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Jangan lupa bawa siapkan peralatan yang diperlukan, karena nanti perlengkapan kalian akan dicek petugas sebelum kalian mulai mendaki.  Lalu siapkan kondisi yang prima dan pakaian hangat, mewaspadai udara dingin biar tidak kena hipotermia.
3. Gunung Papandayan di Garut yang tingginya 2.265 mdpl akan menyuguhimu lewat tingkat kesulitan yang tergolong ringan plus kawah-kawah eksotis di sepanjang perjalanan, Butuh waktu sekitar 4 jam untuk mencapai puncak Papandayan yang terletak di 2.665 mdpl melalui jalur trekking yang landai. Tapi wajib persiapkan stamina dan perbekalan.
4. Gunung Ijen 2.433 mdpl, terletak di Banyuwangi, Jawa Timur, untuk mendaki hanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dari pos paltuding menuju puncak, saat tiba di sana ketika langit masih gelap kalian bisa melihat blue fire atau api biru yang terkenal itu.
5. Gunung Prau yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung ini terkenal dengan pemandangan golden sunrise yang sangat indah, jalur paling favorit bagi para pendaki adalah melalui Basecamp Patak Banteng dan Dieng. Untuk mencapai puncak diperkirakan membutuhkan waktu 4 jam.

Berita sebelumyaHarvest Moon Comeback
Berita berikutnyaJuventus Raja Serie A