Keren, Di Jogja Ada Wisata Rumah Teletubbies

0
525

Kamu pernah menonton serial anak Teletubbies? Jika pernah, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan bentuk rumah mereka. Di Yogyakarta terdapat komplek perumahan berbentuk dome, warga setempat menyebutnya rumah teletubbies.



Dilansir dari Tim berkabarID, wisata unik ini berlokasi di Desa Nglepen, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Menurut sejarahnya, rumah-rumah tersebut dibangun paska gempa hebat yang terjadi di Yogyakarta 2006 lalu sebagai hunian baru bagi para korbannya. Arsitektur rumah ini dirancang tahan gempa dan tahan api.

Pembangunan dome ini dipelopori oleh Domes for the World dari Amerika. Rumah berbentuk unik ini juga dapat ditemukan di beberapa negara lain seperti Kenya, Thailand, dan India. Di Indonesia rumah teletubbies ini menjadi salah satu lokasi wisata yang unik dan banyak dikunjungi masyarakat ketika berlibur ke Yogyakarta.

Meski nampak kecil dari luar, dome tersebut memiliki beberapa ruangan di dalamnya. Bahkan rumah yang didominasi dengan warna putih pada bagian luarnya tersebut terbagi menjadi dua lantai. Saat panas terik udara di dalam dome akan terasa dingin dan saat hujan lebat penghuninya akan merasa hangat.

Dalam perumahan tersebut terdapat 80 rumah yang 71 diantaranya sudah dihuni oleh warga korban gempa. Bangunan dome memiliki diameter 7 meter dengan tinggi 4,6 meter. Rumah tersebut juga dilengkapi dengan dua pintu, empat jendela dan dua kamar tidur. Terdapat juga ruang tamu, dapur dan kamar mandi seperti layaknya rumah pada umumnya.

Perkampungan seluas 2 hektar tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti tempat ibadah, poliklinik, dan aula pertemuan dengan bentuk bangunan yang sama.

Bagi Anda yang datang hanya untuk berwisata, perumahan tersebut juga menyediakan wahana permainan bagi anak-anak seperti kereta mini, ayunan, papan seluncur dan jungkat jungkit. kamu juga dapat mengintip ke dalam dome untuk melihat suasana rumahnya.

Sesuai dengan sebutannya, saat hari libur tiba terdapat beberapa badut teletubbies yang siap menghibur para wisatawan yang datang. Sehingga mereka dapat bermain dan berfoto bersama para teletubbies lucu tersebut.

Berita sebelumyaSubhanallah, 4 Pemimpin Ini Ternyata Hafidz Qur’an
Berita berikutnyaTsania Marwa Dan Atalarik Resmi Divonis Bercerai