Berikut Inilah Daftar Makanan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Urat

0
422

Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Jika Anda sering merasa nyeri di daerah persendian? Hati-hati mungkin itu merupakan tanda-tanda Anda menderita asam urat. Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. Penyakit ini disebabkan oleh uric acid alias asam urat, alias produk yang dihasilkan tubuh ketika memecah purin, yang menumpuk di persendian.

Normalnya, asam urat larut dalam darah dan kemudian hilang melalui urin. Tetapi, kadang tubuh menghasilkan asam urat dalam darah, atau ginjal hanya mampu melepaskan asam urat ke dalam urin dalam jumlah sedikit. Akibatnya adalah, asam urat akan menumpuk dan membentuk kristal asam urat pada persendian dan mengelilingi jaringan, menyebabkan nyeri, peradangan, dan bisa membengkak.

Asam urat merupakan produk sampingan dari purin. Purin dapat ditemukan di berbagai jenis makanan. Terdapat makanan yang mengandung purin tinggi, dan makanan inilah yang harus dihindari oleh penderita asam urat!.

Makanan ini harus benar-benar Anda hindari jika penderita asam urat karena mengandung tinggi purin, kadar purin dalam 100 gram makanan ini berkisar antara 150-800 mg. Jumlah ini cukup tinggi, bayangkan jika tubuh Anda dipaksa untuk memecah purin sebanyak ini, berapa jumlah asam urat yang akan dihasilkannya dan akan menumpuk di persendian Anda.

Berikut inilah makanan dan minuman yang harus dihindari bagi penderita asam urat.

-Jeroan, termasuk hati, ginjal, jantung, limpa, otak, babat, usus, dan paru

-Makanan laut lainnya, seperti kerang, udang, dan kepiting

-Ragi

-Minuman yang mengandung soda

-Minuman yang mengandung Alkohol

-Kaldu daging

-Sosis atau produk daging lainnya

-Bebek

-Burung

-Ikan sarden dan ikan makerel

Berita sebelumyaStres Karena Beredar Video Syur Mirip Dirinya, Ini Penjelasan Millendaru
Berita berikutnyaInilah Penyebab & Tips untuk Sembuh Dari Penyakit Asma