Tidak Hanya Mata Panda, Inilah Beberapa Dampak Berbahaya Jika Kamu Sering Begadang

0
288

Sulit untuk tidur atau insomnia sering dialami banyak orang, Entah itu karena keadaan badan yang terlalu lelah atau memang kebiasaan seseorang tidur tidak teratur.
Hal itu membuat seseorang terpaksa begadang. Namun, hal ini jangan dibiarkan begitu saja, karena begadang berdampak sangat buruk untuk kesehatan.

Banyak anak-anak muda jaman sekarang menghabiskan waktunya untuk bergadang yang tidak jelas, apa lagi begadang diluar rumah dengan keadaan perut kosong.

Selain memicu kenaikan berat badan, ada hal lain yang dapat timbul ketika seseorang sering begadang. Inilah resiko untuk orang yang sering begadang.

1. Obesitas

Kurang tidur memicu masalah obesitas. Itu sebabnya saat malam hari seseorang merasa lapar, lalu makan sembarangan tanpa memikirkan kalori makanan. Pemicunya karena ada peningkatan hormon ghrelin di malam hari yang membuat nafsu makan seseorang tersebut tinggi.

2. Cepat Menua

Saat tidur, tidak hanya organ tubuh seseorang yang beristirahat. Kulit pun tak cukup mendapatkan oksigen. Akibatnya, kulit akan menua lebih cepat dengan tanda cepat keriput.

3. Kecemasan

Penelitian menyebutkan, orang yang tidur kurang dari enam jam lebih mudah mengalami kecemasan. Jika tidak segera diatasi, seseorang juga mudah merasakan depresi di masa mendatang.

4. Depresi

Seiring waktu, kurang tidur dan gangguan tidur bisa berkontribusi terhadap gejala depresi. Dalam jajak pendapat Sleep in America tahun 2005, orang-orang yang didiagnosis dengan depresi atau kecemasan lebih mungkin tidur kurang dari enam jam di malam hari.

5. Penyakit tidak menular tapi bahaya

Jangan biasakan begadang kalau tidak ada hal yang penting. Bagi seseorang yang kurang tidur akan mengalami penyakit tidak menular, seperti diabetes, jantung, kanker, alzheimer, dan lainnya.

Berita sebelumyaViral! Manusia Ngaku Lahirkan Biawak, Biawak Ini Bisa Diajak Komunikasi Dan Manja Ke Ibunya
Berita berikutnyaInilah Cara Rahasia dan Unik Ini Untuk Mendapatkan ‘EMAS’ Dari Kartu SIM