Menyusuri Grand Canyon Milik Bogor

0
201

Tak cuma Pangandaran saja yang punya Grand Canyon tapi bogor juga, meski barisan tebingnya tak menjulang tinggi dan tak panjang.

Grand Canyon merupakan salah satu tempat wisata berupa panorama alam barisan tebing tinggi menjulang dengan hamparan air berwarna kehijauan mengalir di bawahnya. Indonesia memiliki beberapa tempat Grand Canyon, seperti di Pangandaran, Majalengka, dan Karawang.

Di sentul, ada sebuah tempat yang hampir mirip dengan Grand Canyon. Namanya Leuwi Liyet. Letaknya di Kampung Wangun Cileungsi, Babakan Mandang, Bogor, Jawa Barat. Dari Sirkuit Sentul jaraknya sekitar 30 km atau satu jam dengan kendaraan.

Leuwi Liyet berada satu lokasi dengan objek wisata lain di Sentul, seperti Curug Barong dan Curug Leuwi Hejo. Ketiga tempat itu kini menjadi destinasi wisata popular di kalangan traveler. Jika posisi Leuwi Hejo ada di spot paling bawah, Curug Barong di tengah, maka Leuwi Liyet berada di posisi paling atas dengan jalur trekking berbeda.

Harga tiket masuk ke Leuwi Liyet sebesar Rp 10.000 per orang dan parkir motor Rp 5.000 per motor. Di sana juga pengunjung diwajibkan memakai pemandu atau guide dengan harga Rp 100.000 per kelompok, dimana satu kelompok berisi delapan orang.

Sampai sejauh ini, belum diketahui maksud kehadiran guide tersebut. Mengingat trek Grand Canyon di Leuwi Liyet ini tergolong pendek.

Dulu, Leuwi Liyet merupakan objek wisata tersembunyi yang masih jarang dikunjungi. Kebanyakan orang berkunjung ke Leuwi Hejo dan Curug Baron. Hal ini dikarenakan akses ke Leuwi Liyet cukup sulit.

Kondisi jalan yang hancur, berkelok akan ditemui selama perjalanan menuju Leuwi Liyet.  Pengunjung juga membutuhkan tenaga ekstra untuk menapaki medan trekking yang bertekstur tanah pasir.

Tapi semua itu terbayar dengan panorama hijau alam perkebunan di sisi kanan dan kiri jalan. Apalagi suara gemericik air seolah memanggil dari kejauhan.

Leuwi pertama yang akan ditemui adalah Leuwi Cipet. Leuwi Cipet merupakan lubuk atau aliran air yang diapit tebing vertikal. Tebing – tebing tersebut ditumbuhi pepohonan dengan daun hijau yang rimbun. Alam membentuk tebing ini dengan sempurna sehingga terbentuklah pemandangan yang memesona.

Agar bisa sampai ke Leuwi Liyet dengan mudah, kita cukup menyusuri aliran air Leuwi Cipet yang memiliki kedalaman  awal sepaha orang dewasa, lalu sedada, hingga akhirnya mencapai dua meter. Kalau tak berani, cukup berjalan di pinggir kemudian menaiki tebing yang sudah terbentuk tangga alami.

Setelah berjalan 15 menit dari Leuwi Cipet, Anda akan langsung menemui hamparan air berwarna hijau toska yang diapit tebing bebatuan di sisi kiri kanan. Leuwi-leuwi ini mirip dengan Grand Canyon meski tak panjang. Sungguh menakjubkan. (Adfi)

Berita sebelumyaWasit Cantik Dari Tasik
Berita berikutnya7 Tempat Makan Enak dan Murah di Bali