4 Hal Ini Akan Terjadi Jika Kalian Berhenti Mengkonsumsi Karbohidrat

0
241

Karbohidrat berasal dari beberapa makanan seperti nasi, kentang, roti isi, singkong, ubi, dan masih banyak lagi. Meskipun makanan tersebut terasa lezat dan nikmat, namun jika dikonsumsi dalam jumlah besar akan memberikan dampat buruk.

Hal inilah yang menjadi alasan umum banyaknya orang yang memilih untuk membatasi diri untuk mengkonsumsi karbohidrat. Selain itu inilah beberapa hal yang terjadi jika tubuh berhenti mengkonsumsi karbohidrat :

  1. Perasaan lapar yang lebih lama

Hal yang terjadi jika tubuh berhenti mengonsumsi karbohidrat yang pertama adalah perasaan lapar yang lebih lama. Pasalnya, bukan kalori yang membuat kita kenyang, melainkan nutrisi seperti serat, protein dan lemak sehat.

 

2. Perut lebih rata
Satu hal yang terjadi jika kita mengganti karbohidrat dengan makanan kaya serat adalah perut kita lebih rata. Mulai peralihan makanan dengan cara yang alami bagi kita. Tukar roti tawar dengan roti gandum atau tambahkan kacang-kacangan pada taco yang kita makan. Jika kita merasa lapar di sore hari, konsumsi kacang mentah.

“Beralih ke serat dapat membantu keseimbangan gaya hidup sehat. Kacang merupakan makanan kaya serat dan lemak sehat, yang mana bisa membantu mencegah inflamasi di tubuh dan melancarkan pencernaan,” kata Isabel Smith, MS, RD, CDN, ahli diet dan pendiri Isabel Smith Nutrition.

3. Mengurangi risiko diabetes
Karbohidrat biasanya terdiri dari gula. Terlalu banyak mengonsumsinya dapat mendatangkan malapetaka baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Semakin banyak karbohidrat yang dikonsumsi, semakin banyak jumlah insulin yang pankreas produksi. Hal tersebut akhirnya menyebabkan resistansi insulin dan diabetes tipe 2.

4. Lebih berenergi
Tubuh manusia tentu saja memerlukan karbohidrat untuk berfungsi dengan baik, terutama untuk kesehatan otak dan fungsi otak. Dengan beralih dari karbohidrat ke makanan yang lebih banyak mengandung “bahan bakar” tubuh seperti buah, sayuran, gandum, beras coklat, tentunya dapat memberikan energi yang lebih tahan lama.

Menurut Mayo Clinic, jumlah karbohidrat yang aman kita konsumsi sekitar 50 gram per harinya. Satu gelas oatmeal dan setengah pisang cukup untuk mencapai jumlah tersebut.

Berita sebelumyaSosok Jupe Tersenyum dengan Baju Putih Hadir di Bawah Tangga pada Saat Tahlilan Tujuh Hari
Berita berikutnyaPasca Tragedi Bom Manchester, Ariana Grande Ingin Cepat Menikah