Siapa Bilang Memutihkan Gigi Itu Sulit? Cobalah Lakukan 3 Hal Ini

0
1284

Gigi yang putih dan berkilau akan membuat senyum dan penampilan kalian lebih menarik. Berdasarkan penelitian dari American Dental Association (ADA) yang melibatkan beberapa responden, 87% diantara mereka menyatakan bahwa mereka merasa senang apabila melihat orang lain tersenyum terutama jika mereka memiliki gigi yang putih.

Sebenarnya saat dilahirkan manusia memiliki gigi yang berwarna putih namun lambat laun semakin kita tumbuh, warna gigi berubah menjadi kuning.

Penelitian menunjukkan bahwa warna gigi yang berubah disebabkan oleh noda yang bisa berasal dari luar maupun dari dalam. Berikut ini adalah faktor dari luar dan faktor dari dalam yang menyebabkan gigi menjadi kuning :

Faktor ekstrinsik / luar

Makanan yang terlalu panas atau dingin juga bisa merusak warna alami gigi. Faktor luar yang menyebabkan noda pada gigi diantaranya adalah makanan, rokok, dan alkohol. Tembakau yang terkandung dalam rokok juga bisa menjadi salah satu penyebab berubahnya warna gigi. Sebenarnya perubahan warna pada gigi yang disebabkan oleh makanan bisa dihindari dengan membersihkan gigi atau menyikat gigi setelah makan.

Faktor instrinsik / dalam

Seiring berjalannya waktu, gigi akan membentuk material atau senyawa diantara lapisan enamel dan dentin dan semakin lama senyawa tersebut bisa terakumulasi dalam gigi dan menyebabkan gigi menjadi kuning.

Selain itu perubahan warna gigi yang disebabkan oleh faktor intrinsik ini lebih sulit dihilangkan daripada yang disebabkan oleh faktor luar.

Meskpiun sulit menghindari perubahan warga gigi, akan tetapi ada cara untuk mengembalikan warga gigi menjadi putih. Nah, untuk kalian yang kurang percaya diri karena gigi kuning, inilah cara memutihkan gigi secara alami :

1. Siwak

Siwak telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk menjaga kebersihan dan warna putih alami gigi. Berikut ini adalah cara menggunakan siwak untuk membersihkan dan menghilangkan noda pada gigi :

  • Gunakan siwak yang memiliki tekstur lembut, siwak ini bisa didapat dari bagian batang atau akar tanaman siwak
  • Haluskan siwak tersebut sampai menjadi bubuk
  • Campurkan bubuk siwak dengan sedikit air lalu oleskan pasta tersebut pada gigi
  • Bersihkan atau berkumurlah setelah lima menit
  • Perawatan ini bisa dilakukan dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Strawberry

Kandungan vitamin C dan asam ellagic yang terdapat pada buah ini bisa membantu memutihkan gigi. Efek pemutih yang ditimbulkan oleh strawberry bisa didapat dalam waktu yang singkat bahkan hanya dengan mengunyahnya saja.

3. Minyak kelapa

Ternyata minyak kelapa dapat digunakan untuk mencegah plak sekaligus menjadikan gigi anda yang yang berwarna kuning menjadi lebih putih dan bersih. Cara menggunakanya

 

  • Siapkan satu sendok makan minyak kelapa
  • Oleskan minyak kelapa ke gigi anda secara merata dan diamkan selama 10-15 menit
  • Ludahkan minyak kelapa tadi dan kumur mulut anda dengan air bersih
  • Terakhir sikat gigi anda seperti biasa
Berita sebelumyaViral, Nelayan Belanda Temukan Hewan Langka
Berita berikutnyaWhatsapp Tidak Ada Lagi Di Perangkat Blackberry