Tips Anti Repot Buka Puasa Bersama di Rumah

0
136
Ilustrasi buka puasa bersama di bulan Ramadan. (Shutterstock)

Buka puasa bersama di rumah tak kalah asyik dengan buka puasa bersama di restoran. Meski tak praktis karena Anda harus menyiapkan menu takjil sendiri, buka puasa di rumah dijamin bebas dari waiting list dan memungkinkan Anda untuk berlama-lama ngobrol dengan teman dan keluarga.

Nah, jika suatu hari Anda kebagian jatah sebagai tuan rumah untuk acara buka puasa bersama, ada tips anti repot yang bisa Anda lakukan, seperti dikutip dari laman Fustany.

1. Jika buka puasa bersama dilakukan bukan di akhir pekan dan Anda harus tetap berangkat ke kantor di pagi harinya, pastikan Anda berangkat kerja lebih awal di hari itu. Bukan cuma Anda, tapi suami juga, ya. Jangan sampai Anda berdua disuruh lembur hanya gara-gara datang terlambat ke kantor.

2. Rencanakan menu sejak seminggu sebelumnya. Pilih jenis makanan yang universal dan sesuai dengan selera kebanyakan orang. Mulailah berbelanja bahan makanan dan bumbu-bumbu yang diperlukan, kemudian simpan di lemari es atau freezer.

3. Malam sebelum acara, siapkan area yang akan jadi lokasi buka puasa bersama, misalnya meja makan atau ruang tamu. Anda mungkin ingin sedikit mendekorasi atau menghiasnya dengan tema tertentu.

4. Minta teman atau anggota keluarga lain untuk membantu, mulai dari memasak, mendekor, atau menjadi penerima tamu.

5. Sebelum tamu datang, boleh juga mencicil pekerjaan bersih-bersih dengan mencuci semua peralatan masak yang telah digunakan. Kalau ditunda setelah acara, bisa jadi Anda bakal kehabisan energi untuk melakukan semua itu.

6. Letakkan alumunium foil di atas kompor saat menggoreng. Trik ini akan membuat proses pembersihan jauh lebih mudah.

7. Jangan membuat takjil yang terlalu banyak jenisnya jika Anda menyediakan makanan utama. Para tamu bisa saja kekenyangan takjil sebelum mereka makan makanan berat, dan nantinya hanya akan meninggalkan banyak sisa makanan.

8. Jangan membuat makanan penutup. Beberapa tamu mungkin akan membawa makanan tambahan sebagai tanda menghormati tuan rumah. Sajikan makanan tambahan ini sebagai makanan penutup.

Sumber: Suara.com

Berita sebelumyaApple Siapkan Chipset Terbaru yang Lebih Powerfull
Berita berikutnyaIni Cara Singkirkan Kelebihan Lemak dan Kalori Setelah Berpesta