Cara Sederhana Agar Cepat Tidur di Malam Hari

0
354
Ilustrasi sulit tidur di malam hari. (Shutterstock)

Aktifitas segudang bisa membuat tubuh merasa lelah, tapi ketika sampai di rumah dan merebahkan tubuh di kasur, mata malah engan untuk terpejam.

Pernah bertanya apa sebabnya? Ini katanya, terjadi karena pola hidup yang kurang sehat.

Padahal gangguan tidur di malam hari dapat membuat produktifitas menurun dan terganggu, misalnya sulit bangun pagi, atau justru dihantui kantuk seharian.

Nah, agar terhindar dari hal-hal tersebut, berikut tips agar tidur nyenyak yang dilansir dari Journal Harvard.

1. Pastikan selalu pergi tidur dan bangun di waktu yang sama. Bahkan pada saat akhir pekan.

2. Cahaya matahari dapat membantu mengatur pola tidur Anda. Jadi, coba berada di luar ruangan selama 30 menit dalam sehari.

3. Berolahraga lah secara teratur. Tapi pastikan tidak terlalu dekat dengan waktu tidur. Waktu terbaik adalah saat sore hari.

4. Hindari kafein yang dapat ditemukan dalam kopi, teh, coklat dan minuman ringan lainnya.

5. Jika Anda mengonsumsi obat-obatan, coba periksa ke dokter. Karena bisa jadi, obat yang dikonsumsi merupakan penyebab Anda terjaga di malam hari.

6. Hindari sebisa mungkin alkohol, makan besar, makanan yang menyebabkan mulas, dan minum banyak cairan selama beberapa jam sebelum tidur.

7. Jika Anda perokok berat, cobalah untuk berhenti. Karena merokok dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan termasuk sulit tidur.

8. Buat kamar tidur tetap sejuk, gelap dan tenang. Jangan ada gangguan seperti TV atau alat elektronik lainnya. Dan hindari penggunaan gadget secara berlebih.

9. Agar tidur mudah terlelap, Anda bisa membaca, mendenagrkan musik atau bersantai. Hal itu dapat Anda lakukan sebelum tidur.

10. Jika Anda sudah tertidur lalu terbangun di malam hari, Anda dapat melakukan kegiatan yang menenangkan pikiran. Lakukan hal itu sampai rasa kantuk timbul kembali.

Sumber: Suara.com

Berita sebelumyaBisakah Perempuan Penderita Lupus Miliki Keturunan?
Berita berikutnyaDuh, Ternyata Begini Dampak Operasi Penurunan Berat Badan