Deteksi Dini Penyakit Bisa Dilihat dari Kondisi Tangan

0
166
Ilustrasi kesemutan, pegal, nyeri pergelangan tangan, rematik. (Shutterstock)

Deteksi dini penyakit merupakan hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mencegah memburuknya kondisi penyakit. Nah, tahukah Anda kalau ternyata tubuh punya cara tersendiri untuk mengirimkan sinyal bahwa ada masalah kesehatan yang Anda alami.

Salah satunya lewat kondisi tangan. Telapak tangan, tekstur kulit, kuku jari, kelenjar keringat, dan pigmen, dapat membantu Anda memprediksi adanya gangguan kesehatan yang mungkin Anda alami. Berikut adalah tujuh gangguan kesehatan yang bisa dideteksi lewat kondisi tangan, seperti dilansir dari Medical Daily.

1. Fungsi tiroid
Jika jari Anda bengkak serta tangan menjadi lebih dingin dari biasanya, mungkin hal ini menandakan Anda mengalami hipotiroidisme, yakni kondisi dimana tiroid menjadi kurang aktif. Sementara, hipertiroidisme, yang menunjukkan tiroid terlalu aktif, biasanya ditandai dengan kulit tangan memerah atau lebih kering dari biasanya.

2. Tingkat nutrisi
Apakah kuku Anda mudah rapuh atau patah akhir-akhir ini? Jika ya, maka hal ini dapat menandakan Anda mengalami defisiensi zinc, vitamin A, vitamin C, atau biotin. Hal ini juga bisa menjadi salah satu tanda hipokalsemia, yaitu suatu kondisi yang menandakan kadar kalsium dalam tubuh Anda sangat rendah.

3. Hiperhidrosis
Tangan yang terlalu gampang berkeringat merupakan salah satu gejala hiperhidrosis. Biasanya kondisi ini dipicu oleh faktor genetik dan dimulai saat masa kanak-kanak hingga dewasa.

4. Kondisi jantung
Kekuatan cengkeraman tangan dapat mengungkapkan seberapa sehat jantung Anda dan bahkan mampu mengukur risiko Anda menderita serangan jantung atau stroke. Penelitian telah menunjukkan bahwa kekuatan cengkeraman dapat menjadi cara yang baik untuk menilai usia biologis dan kekuatan otot.

5. Parkinson
Tangan yang mudah bergoyang ketika sedang beristirahat atau tidak melakukan aktivitas apa pun dapat menjadi tanda penyakit Parkinson. Ini berbeda dengan gemetar biasa yang dialami kebanyakan orang karena stres, asupan kafein, atau ketika menggunakan tangan mereka untuk aktivitas.

6. Anemia
Anemia adalah suatu kondisi yang menunjukkan rendahnya tingkat sel darah merah dalam tubuh yang menurunkan kemampuan untuk membawa oksigen yang cukup ke jaringan Anda. Kondisi tangan dan kuku Anda yang pucat mungkin menjadi sinyal Anda mengidap anemia.

7. Eksim
Apakah tangan Anda cenderung kasar dan rentan terhadap gatal dan ruam, meskipun telah menggunakan pelembab? Jika ya, mungkin Anda mengidap eksim. Menurut American Academy of Dermatology, eksim pada tangan juga dapat menyebabkan lecet, retakan yang menyakitkan, kekeringan, kerak, sensasi terbakar, dan kulit berdarah.

Sumber: Suara.com

Berita sebelumyaIni Alasan Penyakit Lupus Disebut Sebagai Seribu Wajah
Berita berikutnyaGejala Lupus Bisa Dikenali Lebih Dini dengan Saluri