Tujuh Cara Sederhana Meredakan Stres

0
122
Ilustrasi perempuan stres akibat pekerjaan. (Shutterstock)

Aktifitas padat serta kekacauan lalu lintas yang biasa dihadapi setiap hari, praktis menjadi masalah harian yang lambat laun menjadi penyebab awal stres.

Saat stres muncul, mood pun akan berubah secara drastis dan mengganggu kesehatan seperti darah tinggi.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat melakukan cara sederhana mengurangi stres.

Seperti dilansir dari Journal Harvard Medical School, berikut tujuh cara mencegah stres dan menurunkan tekanan darah.

1. Cukup Tidur
Tidur yang tidak cukup atau berkualitas buruk dapat berdampak negatif terhadap susasana hati. Kalau sudah begitu, jika mental dan kesehatan fisik anak terpengaruh.

Ilustrasi perempuan tidur dengan rambut tergerai. (Shutterstock)

2. Melakukan relaksasi
Tidak ada salahnya jika Anda mempelajari teknik relaksasi seperti meditasi, latihan pernapasan dalam, hingga yoga. Alasan melakukan relaksasi adalah menenangkan diri yang terbukti berdampak baik untuk kesehatan.

Ilustrasi meditasi. (Shutterstock)

3. Memperkuat jejaring sosial
Memiliki jaringan yang kuat dengan orang banyak membuat kamu merasakan adanya dukungan dari berbagai pihak. Ini bagus untuk mencegah stres.

Tujuh Cara Sederhana Meredakan Stres - 3

4. Atur waktu seefisien mungkin
Semakin efisien Anda membagi waktu antara urusan pekerjaan, rumah, dan keluarga, maka akan semakin rendah tingkat stres.

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

5. Selesaikan masalah yang ada
Usahakan permasalahan yang membuat Anda stres untuk segera diselesaikan. Jangan biarkan situasi tersebut membebani hidup Anda. Lakukan juga sesi ‘curhat’ dengan orang terdekat yang Anda kasihi.

Ilustrasi curhat. [shutterstock]

6. Memiliki waktu sendiri atau me time
Setelah beraktifitas, Anda harus benar-benar memiliki waktu sendiri untuk memanjakan diri. Misalnya seperti pergi liburan, mendengarkan musik favorit, atau segala hal yang membuat Anda bahagia.

Ilustrasi perempuan lajang. (Shutterstock)

7. Memiliki gaya hidup sehat

Menjaga pola hidup sehat sangat penting. Jadi, jaga berat badan tetap sehat, tidak merokok, olahraga teratur dan diet agar tekanan darah tetap stabil.

Ada buah-buahan yang bisa membuat perut Anda kenyang lebih lama. (Shutterstock)

Sumber: Suara.com

Berita sebelumyaSeberapa Sering Idealnya Bra Harus Dicuci?
Berita berikutnyaEkstensi Bulu Mata Bikin Mata Perempuan Ini Dipenuhi Tungau