Makan Nasi Sisa Bisa Menyebabkan Keracunan

0
87
Ilustrasi makan nasi. (Shutterstock)

Anda tentu tidak akan membuang sisa nasi yang dimasak kemarin, bukan? Tapi perhatikan satu hal ini, makan nasi sisa bisa berakibat buruk bagi kesehatan Anda. Meski telah dipanaskan ulang, Anda bisa mengalami keracunan makanan akibat mengonsumsi nasi sisa.

Masalah yang sebenarnya bukan terletak pada proses pemanasan ulang nasi sisa, melainkan cara penyimpanan nasi sisa itu setelah dimasak pertama kali.

Sebelum dimasak, beras sesungguhnya mengandung spora (sel yang mampu bereproduksi dengan cepat) Bacillus cereus, sejenis bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan yang dapat bertahan hidup meski beras telah dimasak menjadi nasi.

Dilansir dari laman Womans Day, ketika nasi yang telah dimasak disimpan pada suhu ruang (bukan di dalam rice cooker), spora dapat tumbuh menjadi bakteri yang pada akhirnya akan berkembang biak dan dapat menghasilkan racun yang menyebabkan seseorang yang mengonsumsinya muntah atau diare.

Nah, pada nasi sisa, paparan terhadap udara akan semakin lama, yang membuat semakin besar pula kemungkinan bakteri terus tumbuh dan membuat nasi menjadi tidak aman untuk disantap.

Jika Anda berencana untuk memakan kembali nasi sisa kemarin, maka simpanlah nasi dengan cara penyimpanan yang benar sesaat setelah dimasak. Jika nasi yang baru dimasak tak habis dalam waktu 1 jam, dinginkan sisa nasi tersebut secepat mungkin, misalnya di dalam kulkas. Tapi tidak lebih dari satu hari sebelum dipanaskan kembali.

Sumber: Suara.com

Berita sebelumyaDejan Lovren: Real Madrid Yang Harusnya Takut Pada Liverpool!
Berita berikutnyaPonsel Dapat Memicu Penuaan Dini?