Konsumsi Bawang Putih Diyakini Mampu Cegah Kanker

0
110
Bawang Putih (shutterstock)

Bawang putih selama ini dianggap sebagai bahan dapur yang menyimpan manfaat kesehatan, dan telah digunakan untuk mengobati penyakit selama ribuan tahun oleh nenek moyang kita. Manfaat bawang putih bagi kesehatan bahkan diakui oleh para ilmuwan.

Baru-baru ini, misalnya, peneliti dari University of Nottingham menyebutkan bahwa sebenarnya bawang putih dapat mengurangi risiko jenis kanker tertentu, penyakit kardiovaskular, hingga diabetes tipe 2.

Selain itu, cara menyiapkan bawang putih juga dapat memiliki efek positif pada kesehatan Anda. Meski demikian, peneliti masih bertanya-tanya metode penyajian seperti apa yang dapat membuat bawang putih mampu memberi efek kesehatan positif bagi tubuh.

Bawang putih sendiri diketahui menghasilkan berbagai senyawa sulfur ketika diolah seperti dicincang, difermentasi dalam alkohol, atau ditekan untuk menghasilkan minyak.

Menurut para peneliti, senyawa belerang ini dapat memengaruhi molekul pemberi sinyal gas seperti oksida nitrat dan hidrogen sulfida yang secara alami diproduksi dalam tubuh manusia.

Perubahan tingkat molekul sinyal gas ini dapat dideteksi pada orang yang menderita banyak penyakit, karena sinyal gas ini memiliki peran besar pada komunikasi sel dan menjaga keseimbangan dalam tubuh.

“Mereka juga aktif secara biologis dalam sel dan jaringan mamalia, tetapi kita tidak tahu bagaimana mereka dimetabolisme pada manusia,” kata Dr. Peter Rose, ahli biokimia di University of Nottingham sekaligus peneliti utama.

Sementara teknik optimal untuk mengolah bawang putih hingga dapat mendatangkan manfaat kesehatan masih diperdebatkan. Para peneliti setuju bahwa bawang putih adalah salah satu dari beberapa jenis tanaman yang memiliki kemampuan restorasi yang kuat.

“Kami membutuhkan penelitian lanjutan untuk menemukan teknik penyajian yang efektif agar senyawa belerang dalam bawang putih bisa dieksplorasi untuk menyembuhkan kanker, kardiovaskular, dan diabetes tipe 2,” tandas Rose.

Sumber: Suara.com

Berita sebelumyaKurang Yodium Gara-Gara Tren Susu Alternatif
Berita berikutnyaJefri Nichol Ogah Bahas Masalah Dirinya Bantu Pemulung