Hati-hati, Ini Lima Benda Penuh Kuman yang Ada di Kamar Hotel

0
103
Ilustrasi kamar hotel. [shutterstock]
Suara.com – Bukan sebuah kabar baru jika tiap tamu yang menginap di kamar hotel selalu meninggalkan kuman di tiap peralatan yang mereka gunakan. Namun, tidak semua orang tahu benda apa saja yang banyak meninggalkan kuman.
Dilansir dari Huffington Post, berikut lima benda paling berkuman yang ada di kamar hotel.
1. Remot TV
Memiliki akses ke saluran TV premium yang ada di kamar hotel memang sangat menarik. Tapi satu yang harus diingat, ratusan tangan telah menyentuh perangkat itu.
Jim Inglis, direktur program Valencia College untuk perhotelan, mengatakan bahwa remot tv adalah benda paling kotor di kamar hotel. Itu sejalan dengan temuan tim peneliti dari Universitas Houston, Universitas Purdue dan Universitas Carolina Selatan.
Setelah menguji berbagai permukaan di kamar hotel yang ada di Texas, Indiana dan South Carolina, para peneliti melaporkan bahwa bersama dengan toilet dan wastafel kamar mandi, remot TV mengandung ‘tingkat kontaminasi bakteri yang tinggi.’
2. Selimut
Para staf biasanya mengganti seprai ketika tamu berganti, tapi tidak demikian dengan selimut yang tebal.
Saat kita tidur, kita melepaskan minyak tubuh dan menumpahkan serpihan kulit yang bisa masuk ke seprai bersama dengan bakteri yang mungkin kita bawa.
Reneta McCarthy, seorang dosen di Sekolah Administrasi Hotel Cornell University, menyarankan untuk membersihkan selimut hotel terlebih dahulu sebelum menggunakannya atau akan lebih baik untuk tidak menggunakannya.
3. Gelas minuman
Jika ingin menggunakan gelas yang ada di kamar hotel, Anda mungkin harus membersihkannya terlebih dahulu. Terutama jika gelas tersebut disimpan di kamar mandi.
Sebuah penelitian pada 2018 menegaskan bahwa pembilasan toilet dapat mencemari banyak permukaan lain di dekatnya, salah satunya adalah gelas.
Terlebih lagi, sebuah investigasi yang dilakukan ABC15 dari Arizona tentang kebiasaan pembersihan hotel, menemukan bahwa 11 dari 15 hotel yang diuji di seluruh negeri tidak mencuci gelas kotor dari kamar untuk pembersihan tambahan.
4. Lampu atau Sakelar Lampu
Tim peneliti yang juga menemukan bakteri pada remot TV menemukan kontaminasi bakteri yang berat pada sakelar lampu samping tempat tidur di banyak kamar hotel. Demikian pula, sakelar lampu di kamar mandi, yang rentan untuk mengumpulkan bakteri karena banyak tangan yang menyentuhnya.
5. Peralatan Rumah Tangga
Tim penelitian yang dipimpin University of Houston menemukan bahwa selain remot dan saklar lampu dan toilet, peralatan rumah tangga juga menjadi rumah bagi banyak bakteri.
Sumber: Suara.com
Berita sebelumyaIni Mengapa Mata Belekan Saat Bangun Tidur
Berita berikutnyaGunakan Ponsel di Malam Hari Tingkatkan Risiko Kanker Prostat?