Tahukah Ibu? Jika Membiarkan Bayi Menangis Dapat Menyebabkan Kerusakan Otak

0
301

Jika bayi anda menangis terlebih menangis di malam hari, cobalah untuk tidak mengabaikannya, walaupun keadaan anda sedang mengantuk dan malas untuk bangun.

Mungkin anda sering berpikir bahwa tangisan tersebut nantinya akan berhenti dengan sendirinya sampai akhirnya sang anak kembali tidur, dan sekaligus memberikan pelajaran pada anak untuk menenangkan dirinya sendiri.

Namun Psychology Today mengatakan, para peneliti mengungkapkan tangisan anak sangat berbahaya dan dapat berdampak buruk bagi sang anak. Karena ketika bayi menangis dan sedang stres, tubuh mereka akan mengeluarkan hormon kortisol yang bisa merusak atau bahkan menghancurkan jaringan neuron dalam otak.

Dampaknya, otak bayi yang masih dalam masa perkembangan tidak dapat berkembang secara optimal, dan bahaya yang lebih tinggi dapat mengalami ADHD, Attention Deficit Hyperactivity Disorder, yaitu sebuah gangguan pada perkembangan otak yang menyebabkan penderitanya menjadi hiperaktif, impulsif, serta susah memusatkan perhatian.

Selain itu dalam jangka panjangnya, sang anak akan mengalami perkembangan akademis yang buruk dan bahkan kecenderungan untuk menjadi anti sosial.

Maka dari itu para orang tua dianjurkan untuk tidak membiarkan anak-anaknya menangsi terlalu lama, jika mereka menangis segeralah menenangkannya agar tangisan itu berhenti. Lakukanlah dengan cara yang bijak agar sang anak tidak ketergantungan terhadap anda dan juga tidak menjadi anak yang mudah menangis.

 

Berita sebelumyaSamsung Luncurkan Notebook 9 Pro
Berita berikutnyaAriana Kunjungi Korban Bom Manchester Di Rumah Sakit