Ternyata Lapar dapat Menyebabkan Sariawan lho

5
205

Sariawan adalah penyakit umum yang sering dialami, rasa sakit dan perihnya memang sering mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika sariawan muncul lebih dari satu, makan terasa sakit, minum pun sulit, bahkan sikat gigi pun terasa perih.

Sariawan muncul karena infeksi virus, alergi terhadap makanan tertentu, atau kekurangan vitamin dan mineral. Selain itu penyebab lainnya adalah sistem imun, dipengaruhi hormon yang naik turun, lidah tergigit, siklus menstruasi, stres, dan luka di mulut pun bisa menjadi penyebabnya.

Namun apakah kalian tahu jika sangat lapar dapat menyebabkan sariawan? Sangat lapar bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya sariawan, hal ini karena ketika sangat lapar orang akan makan dengan sangat cepat lalu menggigit bibir bagian dalam yang dapat menyebabkan sariawan.

Selain itu sering lapar akan menyebabkan tubuh kekurangan vitamin dan mineral yang menjadi salah satu penyebab timbulnya sariawan. Banyak orang yang beranggapan jika tubuh kekurangan vitamin C akan menyebabkan sariawan, akan tetapi sariawan juga bisa disebabkan oleh kurangnya vitamin lain yang juga penting untuk tubuh, seperti vitamin B.

Prof Dr drg Melanie S. Djamil, MBiomed, FICD Lab BioCORE, dari FKG Universitas Trisakti, menambahkan ketika lapar asam lambung akan meningkat kemudian naik ke tukak lambung, lalu tidak hanya lambung saja yang akhirnya menjadi lebar, rongga mulut pun juga, sehingga sel-selnya berubah, dan akhirnya sariawan.

Berita sebelumyaMarshanda Ajari Anaknya Belajar Berpuasa
Berita berikutnyaKemenkeu : Gaji ke 13 dan THR Di Harapkan Bisa Perkuat Pertumbuhan Ekonomi

Comments are closed.