Wah, Kulit Ikan Ampuh Mengobati Luka Bakar!

0
416

Penanganan luka bakar kini tak perlu biaya dan waktu yang lebih besar untuk kembali normal. Pasalnya, tim kedokteran di Brazil punya cara alternatif yang lebih terjangkau yakni dengan menggunakan kulit ikan.

Dilansir dari Reuters, sisik ikan ‘Tilapia’ mempunyai khasiat ampuh mengobati luka bakar. Bahkan sisik ikan ini dapat mempercepat proses penyembuhan lukanya. Ikan Tilapia di Brazil ini sepadan dengan ikan Nila di Indonesia.

Hal ini tentunya menjadi kabar baik untuk dunia kedokteran, terutama para pasien luka bakar.

Sebuah penelitian di Cina sebenarnya sudah mengungkapkan manfaat mengenai ikan Tilapia ini, hanya penerapan dan prakteknya baru dilakukan tim kedokteran Brazil.

Hal tersebut dikarenakan stok jaringan kulit babi atau manusia yang selama ini digunakan sebagai treatment luka bakar mulai sulit didapatkan di Brazil. Karenanya, tim kedokteran Brazil mencari alternatif dengan kulit ikan Tilapia ini.

Sebelumnya, tim kedokteran Brazil telah melakukan eksperimen pada 56 pasien luka bakar. Hasilnya, mereka mengaku lebih cepat sembuh dibanding menggunakan metode pengobatan ssalep atau bahan kimia lainnya.

kulit ikan tilapia
sisik kulit ikan tilapia atau ikan nila yang memiliki banyak manfaat untuk penyembuhan luka bakar

Diketahui, sisik ikan Tilapia memiliki kandungan kolagen yang lebih tinggi sehingga sangat cocok untuk menyembuhkan luka bakar tingkat 2 atau 3 sekalipun. Tak hanya itu, kulit ikan Tilapia ini juga memiliki tingkat kelembaban yang tinggi, dan daya tahan yang bagus terhadap penyakit.

Rentetan manfaat ikan Tilapia ini menjadi sangat baik untuk mengobati luka bakar karena ternyata ikan ini juga memiliki resistensi yang baik terhadap bakteri. Sehingga pasien luka bakar tak perlu khawatir terjangkit infeksi.

Pengobatan luka bakar dengan ikan Tilapia ini juga tidak mengakibatkan ketergantungan, sakitnya pun tak sesakit obat salep luka bakar pada umumnya. Hal ini sangat memudahkan dan menguntungkan si penderita luka bakar. Karena rasa sakitnya yang jauh berkurang, dan tak perlu bergantung pada obat penahan rasa sakit.

Nah, salah satu alasan lain metode pengobatan luka bakar dengan ikan Tilapia ini populer di Brazil karena jumlah ikan Tilapia yang melimpah. Harganya pun, jauh lebih murah dibandingkan dengan harga salep luka bakar.

Lantas, apakah metode pengobatan ikan Tilapia atau ikan Nila ini bisa diterapkan di tim kedokteran di Indonesia? Semoga.. (lia joulia)

Berita sebelumyaRizieq Shihab Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Percakapan Mesum
Berita berikutnyaSetelah Jadi Tersangka, Polisi terbitkan Red Notice Untuk Habib Rizieq