Ini Penyebab dan Ciri-Ciri Jika Terjangkit Sipilis (Raja Singa) Berikut Cara Penanganannya

0
933

Berkabar.id – Sipilis atau disebut juga raja singa merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri yang dapat menginfeksi kulit, mulut, alat kelamin, serta sistem saraf.

Jika terdeteksi lebih awal, sifilis akan lebih mudah disembuhkana dan tidak akan menyebabkan kerusakan permanen. Namun, jika sipilis tidak diobati, dapat mengakibatkan kerusakan serius pada otak atau sistem saraf serta organ lainnya, termasuk jantung.

Gejala sipilis atau raja singa dibagi menjadi tiga bagian.

Gejala sipilis tahap 1:
Gejala raja singa tahap pertama muncul 2-4 minggu setelah terjadi infeksi, dalam bentuk luka yang tidak terasa sakit (chancre) di mana bakteri masuk ke dalam tubuh. Luka jenis ini sering terasa pada alat kelamin tetapi juga dapat dilihat di mulut atau anus jika bagian-bagian ini terlibat dalam aktivitas seksual dengan orang yang terinfeksi.

Umumnya, gejala ini akan sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 1 hingga 5 minggu.

Gejala sipilis tahap 2:
Jika infeksi tidak diobati, gejala raja singa tahap dua dimulai sejak 6-12 minggu kemudian. Ciri-ciri sifilis tahap 2 adalah demam, sakit kepala, nyeri sendi, kehilangan nafsu makan, muncul ruam (kecil, benjolan bersisik merah pada penis, vagina, atau mulut, terutama pada telapak tangan dan kaki), sakit tenggorokan, kelenjar limpa membengkak (pada ketiak, pangkal paha, leher), serta kelelahan.

Tahap laten (tersembunyi) ini dapat berlangsung selama bertahun-tahun tanpa adanya gejala.

Gejala sipilis tahap 3:
Tahap 3 dari gejala sifilis muncul 10 sampai 40 tahun setelah infeksi awal. Cirinya adalah timbulnya kerusakan pada otak dan jantung, daya ingat menurun, mengalami kelumpuhan, dan terjadi masalah pada keseimbangan tubuh.

Beberapa penderita yang sudah memasuki stadium dua atau tiga mungkin tidak menunjukkan adanya gejala penyakit sipilis. Mungkin ada beberapa tanda atau gejala yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran terhadap gejala tertentu, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Apa yang dapat membuat Anda terjangkit raja singa?

– Penyebab sipilis adalah bakteri yang disebut Treponema pallidum. Penularan yang paling umum terjadi melalui kontak dengan orang yang terinfeksi raja singa selama aktivitas seksual.

Treponema pallidum juga dapat memasuki tubuh melalui luka kecil atau lecet di kulit atau selaput lendir.

– Sipilis juga dapat menyebar melalui aktivitas seperti berciuman atau melalui ibu yang terinfeksi kepada bayinya selama masa kehamilan atau persalinan.

Namun, sipilis tidak dapat menyebar melalui penggunaan toilet yang sama, bak mandi, pakaian, peralatan makan, gagang pintu, kolam renang atau kolam air panas.

Setelah sembuh, sipilis biasanya tidak akan kambuh lagi. Namun, Anda dapat terinfeksi kembali jika memiliki kontak dengan seseorang yang terjangkit penyakit tersebut.

Berikut cara menangani penyakit Sipilis yang dapat Anda lakukan dirumah:

  • Jangan berhenti meminum obat atau mengubah dosisnya hanya karena Anda merasa lebih baik, kecuali dokter Anda yang menganjurkan.
  • Informasikan kepada dokter jika Anda sedang hamil. Penularan sipilis terhadap janin sangat berbahaya.
    Informasikan kepada dokter jika Anda memiliki alergi terhadap obat terutama terhadap penisilin.
  • Cuci tangan Anda sesering mungkin untuk menghindari penyebaran infeksi.
  • Lakukanlah aktivitas seksual yang aman dengan menggunakan kondom.
  • Beri tahukan pasangan seksual Anda jika Anda tengah menjalani pengobatan sipilis sehingga mereka juga mendapatkan pemeriksaan medis.
  • Usahakan untuk tidak melakukan aktivitas seksual selama minimal 2 minggu setelah pengobatan atau hingga dinyatakan bersih oleh dokter Anda.
  • Memeriksakan diri Anda saat terdapat penyakit menular seksual lainnya.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Berita sebelumyaPasar Tanah Abang Blok G Sepi, Pedagang Alihkan Toko Jadi Gudang Dan Berjualan di Trotoar
Berita berikutnyaFahri Hamzah Akui Novanto ‘Orang Sakti’. Begini Katanya