Enam Gua Top di Yogyakarta

0
212

Yogyakarta adalah istimewa, itulah yang membuat banyak orang ingin berkunjung ke sana. Selain kaya nilai tradisi seni dan budaya, daerah yang dikenal dengan sebutan Jogja juga punya banyak situs sejarah seperti candi dan gua.

Di beberapa daerah di Jogja, seperti Gunung Kidul atau Bantul memiliki beberapa objek wisata gua yang sayang bila dilewatkan. Berikut enam gua yang terkenal dan menjadi favorit para caver di Yogya.

1. Gua Pindul

Gua satu ini sudah dikenal luas wisatawan lokal maupun mancanegara. Terletak di Gunung Kidul, gua ini memiliki pesona alam yang luar biasa. Selain indahnya stalaktit dan stalagmit, Gua Pindul juga dialiri oleh Sungai Oya di bawahnya. Warna air yang hijau toska menarik wisatawan untuk turun menyusuri gua dengan ban karet.

2. Gua Jomblang

Satu lagi gua di Gunung Kidul yang tak boleh dilewatkan, namanya Gua Jomblang. Gua vertikal yang memiliki sungai bawah tanah ini menarik wisatawan dan pecinta caving untuk menyusurinya.

Ada terowongan sepanjang 300 meter yang juga akan membawa pengunjung ke gua lain, yaitu Gua Grubug. Menariknya, di sepanjang terowongan ini ada fenomena munculnya sinar matahari dari lubang gua di atas permukaan tanah dan memancarkan cahaya unik.

3. Gua Cerme

Beralih ke Bantul, tepatnya di dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri. Di sini terdapat gua terkenal bernama Gua Cerme. Pemandangan stalaktit dan stalagmitnya sangat menawan.

Konon gua ini memiliki sejarah dalam perancangan pembangunan Masjid Agung Demak. Di gua inilah para walisongo berkumpul membahas perencanaan masjid yang berdiri pada 1479 Masehi.

4. Gua Kalisuci

Seperti Gua Pindul, gua satu ini juga memiliki sungai yang mengalir begitu tenang dan indah di bawahnya. Tak heran bila gua ini juga dijadikan sebagai salah satu tempat terbaik cave tubing. Menyusuri lorong-lorong gelap gua dengan ban karet.

Sebagai kawasan karst, ada beberapa gua yang terhubung di sini dan semuanya dapat ditelusuri dalam satu waktu.

5. Gua Selarong

Merupakan gua bersejarah yang terletak di Dukuh Kembangputihan, Kecamatan Pajangan, Bantul. Gua ini dulu dijadikan markas gerilya Pangeran Diponegoro saat melawan Belanda pada 1825 – 1830.

6. Gua Kiskendo

Gua yang ada di Kulon Progo ini memiliki cerita sejarah yang berkaitan dengan perwayangan. Ada relief di dinding dekat mulut gua yang menceritakan kisah pertempuran antara raksasa Mesosuro-Lembusuro melawan Subali-Sugriwo. Konon, gua ini merupakan tempat tinggal dua raksasa tersebut hingga mereka mati terbunuh. (Adfi)

Berita sebelumyaManchester United Hadapi Laga Penentuan Melawan Ajax Amsterdam
Berita berikutnyaWah, Jam Anak Sekolah Akan Jadi 8 Jam Sehari