Ini Dia Khasiat Jahe untuk Jantung, Stroke, dan Diabetes

0
650

Siapa yang tak kenal Jahe? Salah satu rempah tradisional Indonesia ini sudah dikenal sampai ke mancanegara. Namun tahukah kalian bahwa jahe dapat mencegah penyakit jantung? Selain sebagai bahan bumbu dapur ternyata jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini karena kandungan senyawa di dalam jahe memiliki sifat antiinflamasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jahe mengandung khasiat anti pembekuan darah, jahe mengandung gingreol yang sifatnya antiinflamasi, selain itu jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena membersihkan sistem limfatik, yang dapat memecah toksin yang terkumpul di organ dan membuat tubuh tetap hangat. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jahe juga meningkatkan kesehatan pernapasan.

Mencegah diabetes dengan jahe juga bisa karena senyawa gingerols bioaktif meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mencegah diabetes. Ini bisa melindungi Anda dari diabetes dan komplikasi yang berhubungan dengan penyakit tersebut.

Berikut penelitian secara ilmiah yang membuktikan berbagai manfaat jahe :

  • Menurunkan tekanan darah. Hal ini karena jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir lebih cepat dan lancar dan memperingan kerja jantung memompa darah.
  • Membantu pencernaan, karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.

Kandungan dari gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung. Gingerol juga diduga membantu menurunkan kadar kolesterol. (Baihaqi)

Berita sebelumyaAkhirnya Grab Punya Pusat Research and Development (R&D) di Indonesia.
Berita berikutnyaTempat Favorit Liburan Para Bintang Sepak Bola Eropa