Wow, di Negara Ini, Aksi Menyusui Dilakukan Di Muka Umum

0
507

Aksi dua ribu ibu-ibu di Manila Filipina ini menggelar aksi menyusui di muka umum pada Sabtu, (5/8/2017). Dalam rangka mendukung upaya menekan angka kematian bayi dan menghilangkan pandangan tabu untuk menyusui di muka umum.

Dengan suara nyaring dari lagu-lagu pop lokal, ratusan ibu menyusui bayi mereka di dalam stadion Manila.

Bahkan beberapa di antaranya mereka melakukan tugas “multitasking” dengan memberi makan kepada dua anak di saat bersamaan. Wow sungguh menakjubkan.

Ros Macachor berkata “Di Filipina kita masih memiliki tingkat menyusui bayi yang sangat rendah. Ibu-ibu yang baru melahirkan biasanya hanya menyusui selama 24 jam setelah melahirkan saja”. Ros adalah salah satu penyelenggara dari kelompok advokasi non-pemerintah “Breastfeeding Pinays“.

Oleh sebab itu, Penyelenggara acara tahunan tersebut mengaku ingin mendorong ibu-ibu Filipina untuk menyusui bayi secara eksklusif selama enam bulan pertama. Hal itu penting demi menurunkan angka kematian bayi yang tergolong tinggi di negara tersebut.

Sebuah studi WHO yang diterbitkan pada tahun 2013 menemukan, hanya 34 persen bayi Filipina yang berusia kurang dari enam bulan yang diberi ASI eksklusif. Sementara, 36 persen hanya diberi susu formula.

Macachor mengatakan, acara pemberian ASI massal serupa akan membantu memerangi stereotip dan mendorong para ibu untuk menggunakan hak mereka. Selain itu, para ibu pun akan mengabaikan pandangan tabu untuk menyusui di depan umum.

“Mereka seharusnya tidak diintimidasi oleh orang-orang yang menyuruh mereka menyusui di toilet, yang tidak sehat,” tambah dia.

Bagaimana jika di Indonesia ya ? apakah ibu-ibunya akan mengikuti jejak menyusui di muka umum? Untungnya sudah ada tempat khusus yang disediakan untuk ibu-ibu di Indonesia yang akan menyusui bayinya. Baik itu di Mall, Stasiun, Rumah Sakit dan ditempat umum lainnya. (CPA)

Berita sebelumya35 Calon Jemaah Haji Boyolali Yang Bawa Rokok Melebihi Batas
Berita berikutnyaPevita Pearce Jatuh Cinta Pada Kerupuk