Kue Ulang Tahun, Enak Seh, Tapi Waspadai Bakteri diDalamnya

0
336

Biasanya setelah kita menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun …., “ dan saat tiup lilin. Pernahkan anda bayangkan berapa bakteri yang terkandung dalam kue ulang tahun itu akibat ditiup ? Kenapa ? Karena kita tahu bahwa tiupan yang kadangkala tidak secara sengaja mengeluarkan air ludah yang bisa keluar dari tiupan tersebut.

Belakangan ini sebuah study mengungkapkan jumlah bakteri yang terdapat pada kue ulang tahun yang sudah ditiup dengan jumlah bakteri didalam kue yang belum ditiup.

Hampir semua kue ulang tahun yang sudah ditiup mengandung 14 kali kue ulang tahun yang belum ditiup. Namun pada kasus tertentu, jumlah bakteri bisa meningkat pada 120 kali lipat lebih banyak jumlah bakterinya. Hal ini dipublikasikan dalam Journal of food Research.

Dawson mengatakan kepada Daily Mail Online bahwa dia benar-benar mendapat ide penelitian tersebut saat bercakap-cakap dengan putrinya.

Penelitian dilakukan dengan meletakkan frosting pada sepotong foil yang mana di atasnya terdapat lilin. Sebelumnya, koresponden pun diberikan makan pizza supaya bisa sedekat mungkin dengan kebiasaan orang-orang. Pemberian makan pizza juga diharapkan bisa membantu memproduksi kelenjar ludah.

Setelah itu, lilin pun ditiup. Untuk menghitung bakteri di dalam bahan penelitian, tim peneliti pun mengencerkan frosting dengan air steril. Setelah itu, cairan itu diletakkan di sebuah wadah untuk kemudian melihat pertumbuhan bakteri.

Namun jangan kwatir memakan kue ulang tahun, Karena bakteri yang menyebar kemungkinan tidak menimbulkan penyakit yang mengkwatirkan. Namun perlu diingat bahwa kuman bisa menyebar melalui udara. Jika si peniup umpamanya terserang flu, maka kemungkinan untuk terjangkit virus tersebut. Maka hindari mengkonsumsi kue ulang tahun tersebut. (CPA)

Berita sebelumyaSudah Bisa Pulang, Mieke Amalia Tetap Setia Temani Tora Sudiro Di Tahanan.
Berita berikutnyaKelahiran Anak Kedua, Tambah Kebahagian Dude Herlino