Inilah 11 Manfaat Bengkuang Untuk Program Diet

0
1398

Bengkuang atau bengkoang (Pachyrhizus erosus) dikenal dari umbi (cormus) putihnya yang bisa dimakan sebagai komponen rujak dan asinan. Tumbuhan yang berasal dari Amerika Tropis ini sering kali digunakan untuk dijadikan masker untuk menyegarkan wajah, memutihkan kulit dan sangat bagus dikonsumsi saat Anda sedang menjalankan program Diet.

Kandungan Nutrisi dalam bengkoang mengandung banyak air dan juga serat serta kandungan vitamin C tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, ada banyak kandungan bermanfaat lain yang ada di dalam bengkoang yakni karbohidrat, protein, energi, serat, vitamin A, niasin, folat, asam pantotenat, piridoksin, riboflavin, thiamin, vitamin K, vitamin C, vitamin E, elektrolit, sodium, mineral, kalsiumtembaga, magnesium, besi, mangan, seng, beta karoten dan juga lutein.

Setelah Anda mengetahui begitu banyak kandungan nutrisi dalam bengkoang, Salah satu jenis umbi ini memiliki manfaat luar biasa untuk membantu program diet yang Anda jalankan. Inilah beberapa manfaat bengkoang untuk program diet.

1. Membantu Proses Penurunan Berat Badan
Dalam bengkoang mengandung banyak air, rendah kalori serta tinggi akan serat sehingga menjadi salah satu makanan baik untuk dikonsumsi selama menjalani program diet. Selain itu, mengkonsumsi bengkoang juga akan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

2. Mengurangi Nafsu Makan
Makanan yang rendah akan kalori sangat penting untuk kamu yang sedang menjalankan program diet. Serat tinggi yang terkandung dalam bengkoang ini akan membuat kamu kenyang lebih lama dan sangat baik untuk dijadikan makanan ringan agar nafsu makan bisa berkurang tanpa perlu kehilangan nutrisi penting dari dalam tubuh.

3. Menyehatkan Jantung
Seperti kebanyakan jenis sayuran pada umumnya, tingginya kandungan air serta nutrisi serta kandungan jenis molekul karbohidrat dan oligofructose inulin akan sangat baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular serta menurunkan kadar kolesterol lebih cepat. Dengan melakukan diet bengkoang ini, maka kesehatan arteri bisa ditingkatkan sekaligus mengurangi radang yang bisa terjadi karena beberapa penyakit kronis seperti kolesterol tinggi, sindrom metabolik, diabetes serta resistensi insulin.

4. Baik Untuk Pencernaan
Serat serta kandungan air memang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi siapapun untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, sebab bengkoang akan menghidrasi serta menyediakan serat, elektrolit esensial dan juga nutrisi yang akan membantu menjaga kesehatan usus. Bengkoang menjadi salah satu umbi yang sangat mudah dicerna karena kandungan air yang tinggi tersebut serta serat alami untuk melancarkan pencernaan.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Sebagai sumber prebiotik tinggi, molekul serat yang ada dalam bengkoang akan menyeimbangkan pertumbuhan mikroba baik di dalam usus besar. Dari hasil penelitian, makanan yang mengandung prebiotik tinggi seperti bengkoang ini memiliki fruktans tipe inulin dengan sifat melindungi dan menurunkan resiko kanker usus besar. Bengkoang akan melawan dampak dari toksin dan karsinogen pada usus, mengurangi pertumbuhan jamur sekaligus menghentikan peradangan sehingga tidak semakin menyebar.

6. Mencegah Sembelit
Karena bengkoang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan karena kandungan seratnya, maka sembelit bisa diringankan bahkan dicegah. Sembelit ini biasanya terjadi karena kurangnya kadar serat. Bengkoang yang juga mengandung tembaga ini sangat efektif digunakan untuk mencegah sembelit sehingga kotoran tidak menumpuk di dalam perut dan secara otomatis akan membuat berat badan kamu bisa cepat turun.

7. Mempertahankan Kadar Gula Normal
Bengkoang ini sangat baik untuk dijadikan makanan penunda lapar saat diet dan juga untuk penderita diabetes karena tidak memiliki kandungan gula tinggi yang bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi naik. Inulin dalam bengkoang akan memberikan rasa manis serta tidak mengandung kalori sama sekali. Sedangkan jenis karbohidrat yang terdapat didalamnya juga tidak akan menghambat metabolisme tubuh.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol
Khasiat bengkoang berikutnya adalah menurunkan kadar kolesterol yakni dengan cara serat mengikat kolesterol dan mencegah usus untuk menyerap empedu kolesterol ke dalam tubuh. Kolesterol ini nantinya akan dikeluarkan dari dalam tubuh dengan cara sistem eskresi.

9. Menguatkan Tulang
Saat kamu sedang menjalankan diet yang juga diimbangi dengan olahraga, maka kamu membutuhkan asupan yang bernutrisi untuk menyehatkan tulang kamu. Dalam bengkoang ini juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi serta magnesium sehingga akan membantu tubuh untuk menyerap kalsium lebih baik lagi.

10. Menenangkan Saraf Otot
Kandungan magnesium yang terdapat di dalam bengkoang juga sangat baik untuk menenangkan saraf otot di saat kamu berolahraga dan juga mencegah kamu dari stress berlebihan. Dengan otot yang lebih santai, maka akan membuat kamu lebih nyaman saat bekerja ataupun berolahraga.

11. Sumber Serat Tinggi
Bengkoang merupakan sumber serat yang sangat tinggi serta menjadi sumber inulin oligofruktosa yang merupakan serat makanan larut. Inulin sendiri adalah karbohidrat inert yang tidak memiliki kandungan kalori sama sekali, sehingga sangat baik untuk dijadikan makanan pengganjal lapar untuk penderita diabetes dan juga pelaku diet.

Mengkonsumsi buah bengkoang secara teratur akan sangat baik untuk mendukung proses penurunan berat badan. Kamu bisa mengkonsumsi bengkoang ini sebagai camilan pengganjal lapar ataupun mengolahnya menjadi makanan atau sup sehingga manfaat bengkoang untuk diet bisa kamu peroleh dengan hasil yang memuaskan.

Berita sebelumyaLama Tak Ada Kabar, Aktor Tampan Ini Ternyata Jadi Driver Taksi Online
Berita berikutnyaKorut Menguji Coba Peluncuran Rudal Antarbenua, Peringatan Keras Bagi AS