Wow, Kertas Ini Bisa Digunakan Berulang kali

    0
    291

    Perubahan gaya hidup dan jaman menyebabkan penggunaan kertas dan tisu terus meningkat. Misalnya kertas untuk kebutuhan tulis dan cetak, juga tisu untuk membersihkan. Manusia memang belum bisa lepas dari benda yang berasal dari pohon ini.

    Tapi baru-baru ini peneliti Universitas Shandong, Tiongkok, University of California, Riverside, dan Lawrence Berkeley National Laboratory telah menenukan ada jenis kertas baru yang bisa diprint hanya dengan sinar. Kelebihan jenis kertas ini dapat digunakan berulang sebanyak 80 kali. Penemuan tersebut menggunakan prinsip perubahan warna dalam nanopartikel yang bisa diaplikasikan kepada permukaan tipis – termasuk kertas.

    Dilansir dari Inhabitat, “Kertas baru ini memiliki penampilan dan tekstur yang sama dengan kertas konvensional, tetapi kertas ini bisa diprint dan dihapus berulang-ulang tanpa harus menggunakan tinta,” jelas Yadong Yin, profesor kimia dari University of California.

    “Kami percaya jika kertas ini memiliki banyak aplikasi praktis termasuk penulisan informasi yang sifatnya temporer, seperti koran harian, majalah, poster, buku catatan, sensor oksigen, dan label-label,” kata Yin.

    Dengan ada penemuan ini diharapkan konsumsi kertas global yang mencapai angka yg besar bisa menurun jumlahnya. (Baihaqi)

    Berita sebelumyaPerang Tarif, Industri Telekomunikasi Tekan Profitabilitas
    Berita berikutnyaHonda Jazz Facelift Hadir di Asia