Bahaya!! Mencabut Bulu Hidung Akan Berakibat Kematian

0
402

Tahukah Anda mencabut bulu hidung ternyata bisa sangat berbahaya, tetapi masih banyak orang yang beluh memahaminya. Pasti Anda pernah mencabut bulu hidung yang terlihat panjangkan? Beberapa orang memang memiliki kebiasaan ini dan sering dilakukan karena ada efek yang menyenangkan seperti mengorek hidung. Bulu hidung yang terdapat pada bagian dalam hidung sebenarnya berfungsi untuk melindung tubuh kita dari serangan infeksi dan bakteri. Bulu hidung bisa mencegah masuknya semua jenis patogen lewat udara sehingga tidak bisa mencapai rongga pernafasan pada bagian dalam. Rambut bekerja sebagai perangkap yang membuat kotoran dari udara dan kuman sehingga tidak terbawa ke paru-paru. Jadi rambut hidung memang memiliki fungsi yang sangat penting.

Namun ada beberapa orang yang merasa malu ketika memiliki rambut hidung panjang dan keluar dari garis hidung. Tapi mencabut bulu hidung bisa menyebabkan beberapa bahaya, seperti:

1. Pendarahan Ringan

Ketika Anda mencabut bulu hidung secara paksa maka bisa menyebabkan pendarahan ringan. Darah bisa keluar yang membuat rasa perih dan tidak nyaman pada hidung. Anda mungkin juga tetap merasa tidak nyaman karena ketika menyentuh hidung pada bagian luar ada rasa nyeri seperti tertusuk. Pendarahan ringan memang bisa berhenti tanpa perawatan tapi bisa meninggalkan rasa sakit dan kering pada bekas bulu hidung yang dicabut.

2. Infeksi

Sama halnya dengan bahaya kebiasaan mengupil dan bahaya mencabut bulu ketiak, mencabut bulu hidung juga dapat menyebabkan infeksi. Pendarahan ringan yang terjadi pada hidung telah membuka sebuah ruang kecil pada bagian hidung. Kondisi ini bisa membuat bakteri dan kuman yang berasal dari tangan Anda atau udara bisa masuk ke ruang kecil tersebut. Akibatnya maka bisa membuat bakteri atau kuman masuk ke bagian tersebut dan mengalir ke bagian tubuh yang lain. Bakteri yang berkembang mungkin tidak hanya menyebar di sekitar hidung dan rongga nasal tapi juga bagian lain yang terbawa dari pembuluh darah. Jadi resiko infeksi bisa menyerang berbagai jenis bagian tubuh.

3. Infeksi Otak

Hidung berdekatan dengan bagian otak yang menjadi tempat penting bagi tubuh. Karena mencabut bulu hidung bisa menyebabkan infeksi otak yang berat.Kondisi ini terjadi ketika ada bakteri yang bertemu pada otak dari pembuluh darah. Infeksi bisa menyerang otak dan membuat bakteri berkembang di bagian tersebut. Dampak terbesar dari infeksi otak jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat adalah kematian yang fatal.

4. Jerawat Hidung

Ini yang paling berbahaya, kebiasaan mencabut bulu hidung juga bisa menyebabkan jerawat kecil yang tumbuh di bagian dalam hidung. Kondisi ini terjadi ketika ada kuman atau bakteri yang masuk dari tangan secara langsung ke bagian lapisan hidung. Jerawat kecil bisa tumbuh sehingga menyebabkan Anda merasa sangat tidak nyaman. Bahkan ketika lendir hidung keluar maka bisa membuat hidung menjadi lebih sakit. Beberapa orang juga bisa terkena demam tinggi karena jerawat hidung yang mengalami infeksi.

5. Mimisan

Penyebab mimisan memang bisa beragam, hingga kebiasaan yang tidak pernah di sangka juga dapat berbahaya. Mencabut bulu hidung mungkin hanya untuk menghilangkan bulu hidung panjang karena menganggu penampilan. Namun mencabut dengan keras bulu hidung juga bisa menyebabkan mimisan. Hal ini terjadi ketika mencabut bulu hidung mengenai sumber pembuluh darah pada bagian dalam hidung. Luka dan mimisan bisa membuat darah mengalir dari hidung.

Kerusakan pada bagian lubang hidung bisa menyebabkan Anda merasa tidak nyaman. Kerusakan ini lebih sering disebut dengan istilah perforasi septum. Bagian bekas bulu hidung bisa mengalami luka, bisul kecil atau kerak karena lendir yang sulit untuk dihilangkan. Perforasi septum biasanya sering ditandai dengan mimisan.

Apakah ada Tips Merawat Bulu / Rambut Hidung?. Ini lah Tips Merawat Bulu Hidung

Beberapa orang memang bisa memiliki bulu hidung yang panjang. Namun tidak seharusnya bulu hidung yang panjang memang dicabut. Cara untuk merawat bulu hidung yang panjang adalah dengan memotong bulu hidung yang keluar dari garis hidung. Gunakan gunting yang benar-benar bersih agar tidak ada kuman atau bakteri yang masuk ke dalam lubang hidung. Cara ini bisa membuat bulu hidung tidak keluar namun tetap aman dan sehat.

Intinya, bulu hidung sebenarnya memiliki fungsi dan peran yang sangat penting untuk kesehatan dan sistem tubuh. Bahaya mencabut bulu hidung sering diabaikan karena dampaknya yang memang tidak langsung terasa. Tapi mulai sekarang Anda bisa bersikap bijak untuk merawat bulu hidung.

Berita sebelumyaBelum Lama Berpacaran, Lady Gaga Dang Sang Kekasih Siap Melanjutkan Hubungan Ke Jenjang Yang Lebih Serius
Berita berikutnyaUntuk Menjaga Eksistensi, Lee Min Ho Akan Merilis Photo Book Saat Menjalani Wajib Militer