Mamalia Yang Hidup Di Pegunungan Himalaya

0
453

Pegunungan Himalaya membentang dari Pakistan, India, Nepal, Bhutan, Tibet hingga China. Puncaknya yang lancip tertutup salju abadi menggambarkan betapa gagah, misterius dan membius setiap kaki untuk menjejakinya. Kaki sang Himalaya berselimut permadani hijau menjadi surga kehidupan bagi sekawanan Hewan. Salah satunya adalah Yak.

Yak adalah Hewan yang sekilas nampak seperti kerbau ini merupakan binatang Asli Pegunungan Himalaya. Sebagian ditemukan didaerah pegununggan berselimut salju di Mongolia hingga daratan Rusia. Sama dengan kerbau, makanan utamanya adalah rumput. Perbedaan mencolok antara kerbau dengan Yak adalah bulunya yang tebal dan lebat. Menjulur disekujur tubuh. Bulu bulu yang lebat dan tebal ini melindungi Yak dari paparan hawa dingin pegunungan di dataran tinggi bersalju.

Himalaya India. Tepatnya di salah satu puncak gugusan pegunungan Himalaya, Snow Point. Masuk dalam Distrik Kangra, Kota Manali. Kota ini dikenal sebagai gerbang menuju Leh ladakh melalui Rohtang Pass. Dan juga menuju Desa tertinggi di dunia.

Yak berasal dari bahasa Tibet Yag atau gyag. Khusus diperuntukkan Yak berjenis kelamin laki laki. Sementara Yak perempuan disebut dengan Dri atau Nak. Selain tinggal di alam bebas, Yak juga dipergunakan untuk membantu tugas keseharian masyarakat yang tinggal di sekitar pegunungan Himalaya. Yak sangatlah besar,dengan ukuran yang bisa mencapai tinggi 2 meter ini mempunyai ciri-ciri bertubuh besar dan berbulu panjang juga lebat.Bulu yang Yak miliki berguna untuk melindungi diri mereka dari dinginnya cuaca dipegunungan tersebut.Yak mempunyai banyak warna ,bila dialam liar kita akan menjupai Yak yang berwarna cokelat dan juga hitam,sedangkan bila yang diternakkan terkadang ditemukan Yak yang berwarna putih.

 

Digunakan sebagai alat transportasi oleh petani membawa hasil panen. Para pedagang memanfaatkanya untuk membawa barang dagangan melewati perbukitan yang naik turun. Sedangkan trekker penjelajah pegunungan Himalaya memanfaatkan Yak untuk membawa peralatan dan bahan makanan. Yak memiliki ketahan tubuh yang luar biasa dan tahan banting dengan hawa dingin.

Di Tibet, Nepal dan Bhutan Yak dimanfaatkan untuk membajak sawah. Menghasilkan susu untuk diolah menjadi mentega dan keju yang biasa dikenal dengan Chhurpi. Sedangkan kotoran Yak dipergunakan untuk memasak. Tentu saja setelah melalu proses pengeringan alami. Sama dengan Proses Pembuatan Dung yang berasal dari teletong sapi. Di tempat tempat wisata sekitar pegunungan Himalaya, Yak ditawarkan untuk ditunggangi mengelilingi kawasan wisata.

Berita sebelumyaKecanggihan Terbaru dari ios11
Berita berikutnyaInilah Beberapa Kesalahan Menyisir Rambut Yang Menjadi Rambut Rontok!!