Ahok Dinyatakan Bersalah Dengan Hukuman Penjara Selama 2 Tahun

0
331

Sidang panjang vonis Ahok sudah selesai. Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan vonis 2 tahun penjara terhadap Basuki Tjahaja Purnama atas kasus dugaan penodaan agama.

Basuki Tjahaja Purnama dinyatakan majelis hakim terbukti melakukan tindak pidana dalam Pasal 156a KUHP, yakni secara sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan permusuhan, penyalahgunaan, atau penodaan terhadap suatu agama.

Vonis Ahok ini lebih berat bila dibandingkan dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Jaksa menuntut majelis hakim menjatuhkan hukuman 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun kepada Ahok.

Tommy Sihotang, salah satu pengacara Ahok mengatakan tidak tahu pasti apakah Ahok langsung ditahan.

“Kami kehilangan komunikasi, masih sedang dicek,” katanya kepada wartawan.

“Tapi keputusannya memang Pak Ahok dijatuhi dua tahun penjara dan ditahan. Namun kan kami menyatakan banding, jadi belum ada keputusan tetap. Nah, ini bagaimana. Apakah penahanan itu langsung, atau sesudah ada keputusan tetap.”

Meyoal tentang jabatan Ahok Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan, pemerintah akan menon-aktifkan Basuki Tjahaja Purnama, sesudah gubernur Jakarta itu ditahan.

“Hari ini pemerintah akan mengirim surat ke Pengadilan, meminta salinan keputusan, dan perintah tindak lanjut dari putusan tersebut,” katanya.

“Selanjutnya, Kemendagri akan menugaskan Wakil Gubernur DKI sebagai pelaksana tugas Gubernur Jakarta, sampai Oktober, habis masa bakti Pak Ahok-Djarot,” katanya pula.

Berita sebelumyaInilah Pernyataan HTI Terkait Pembubarannya
Berita berikutnyaPembubaran Ormas Harus Sesuai Aturan