Peneliti Ini Sebut “Sering Lupa” Adalah Tanda Semakin Pintar

    0
    551

    Umumnya orang yang sering pelupa kerap kali dianggap kurang cerdas, karena tidak bisa menyimpan ingatan dengan baik. Namun, dari hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Neuron volume 94 pada 21 Juni 2017 lalu menyatakan sebaliknya.

    Penelitian tersebut menjelaskan bahwa seseorang yang memiliki memori yang buruk dapat membuat orang tersebut jauh lebih cerdas.

    Dikutip dari laman Daily Mail, Peneliti di University of Toronto mengatakan, ingatan seseorang tidak diharapkan untuk mengantarkan informasi yang akurat, namun informasi yang berguna dalam pembuatan keputusan cerdas pada masa depan.

    “Penting bagi otak untuk melupakan sesuatu yang tidak relevan dan berfokus pada hal-hal yang bisa membuat keputusan bagi dunia nyata,” kata Dr Blake Richards dari Toronto University.

    Sementara itu, Dr Paul Frankland menemukan bukti jika ada mekanisme terhadap memori yang hilang dan bahkan berbeda dari mereka yang terlibat saat menyimpan informasi. Melupakan sesuatu dapat memungkinkan kalian untuk bisa beradaptasi dengan tempat atau situasi yang baru. Selain itu melupakan juga bisa membantu kalian untuk membuat sebuah keputusan.

    Menurut mereka, ada dua alasan mengapa otak melupakan sebagain ingatan yang dimiliki manusia.

    Pertama, hal itu dapat membantu manusia dalam menyesuaikan diri dengan situasi baru, dengan cara melepaskan beberapa ingatan yang tidak dibutuhkan.

    Kedua, “lupa” juga dapat membuat manusia mengeneralisasi masa lalu untuk membuat keputusan. Dalam konsep kecerdasan buatan, kondisi itu disebut dengan regularisasi.

    Perlu diingat bahwa, jumlah ingatan yang hilang bergantung pada seberapa cepat perubahan lingkungan di sekitar. Semakin cepat lingkungan berubah, maka semakin cepat otak melupakan ingatan masa lalu.

     

    Berita sebelumyaInilah Tips langsing Ala Wanita Jepang
    Berita berikutnyaWow! Gara-gara Indomie Orang Ini Jadi Kaya Raya