Cara Mendidik Anak Agar Mudah Bersosialisasi Dengan Keluarga Besar

    4
    270

    Saat pulang kampung dan bertemu dengan keluarga besar yang jarang ditemui, biasanya ada rasa sedikit canggung.

    Hal ini disebabkan karena jarangnya berkomunikasi dan bertatap muka, terlebih bagi anak-anak.

    Seorang ahli psikologi anak dan keluarga, Anna Surti Ariani mengatakan “jika baru pertama kali atau hanya bertemu sekali dalam setahun. Anak biasanya masih canggung dan membutuhkan waktu untuk mengenal,” ucapnya.

    Anna menambahkan ada beberapa tips agar anak bisa bersosialisasi dengan keluarga, pertama adalah dengan menceritakan siapa saja yang akan ia temui, dan berikan ia foto-foto anggota keluarga.

    Selain itu ceritakan seperti apa sifat keluarga di sana dengan cara yang baik dan lembut, contohnya, “Ini foto nenek kamu nak, nenek sangat sayang sama kamu, mungkin kalau sudah bertemu kamu akan digendong-gendong.”

    Nah, jika ada anggota keluarga yang bersifat dingin, berikan ia pengertian dengan nada yang baik dan juga lembut, contohnya “paman memang begitu orangnya, tidak banyak ngomong tapi dia sayang kamu kok, dulu waktu kamu baru lahir, paman yang membelikan tempat tidur mu.”

    Dengan menceritakan anggota keluarga, anak akan mengingatnya dan juga membuat mereka tidak terlalu kaku saat bertemu. Karena ia tahu anggota keluarga menyayanginya.

    Jangan lupa sebelum sampai dan bertemu keluarga, berikan ia nasehat untuk bersikap sopan dan ramah ke semua orang, dan lebih baik lagi jika kalian mencontohnya untuk senang berbagi kepada keluarga, contohnya “mama sengaja bawa oleh-oleh, nanti kamu yang kasih ya ke saudara di sana.”

    Dengan mengajarkannya untuk saling berbagi, pastinya anak kalian akan semakin dicintai dan lebih didekati, sehingga anak menjadi lebih mudah untuk bersosialisasi di sana.

     

    Berita sebelumyaLalu Lintas Cijantung Macet Akibat Pipa Air Bocor
    Berita berikutnyaLee Sang Yoon Jomblo, Hubungannya dengan Uee Berakhir

    Comments are closed.