Sering Ngantuk Saat Berkendara? Ini Solusinya

    0
    272

    Bagi kalian yang akan mudik dengan kendaraan pribadi, selain macet masalah lainnya adalah rasa kantuk.

    Kantuk saat mengendarai kendaraan kerap terjadi saat menempuh perjalanan yang cukup jauh, apalagi jika tubuh dalam kondisi yang kurang baik.

    Tidak sedikit kecelakaan yang disebabkan karena kelelahan dan mengantuk di jalan, maka dari itu inilah tips untuk mencegah rasa kantuk :

    1. Sedia air mineral dalam mobil

    Selain untuk mengatasi rasa haus, air ini bisa digunakan untuk membasuh muka guna mengurangi rasa kantuk dan lelah. Jadi pengemudi tak perlu repot mencari toilet hanya untuk cuci muka.

    2. Buka kaca jendela sedikit

    Jika mulai merasa ngantuk, cobalah matikan AC dalam mobil dan bukalah kaca mobil. Hal ini bertujuan agar kalian dapat menghirup udara dari luar. Mengantuk bisa terjadi karena sirkulasi udara dalam mobil tidak baik. Bukan hanya itu, kondisi dalam kabin yang dingin pun bisa membuat tubuh terlalu nyaman saat berkendara.

    3. Jangan sembarangan mengkonsumsi makanan dan minuman

    Sebaiknya hindari makanan berlemak jenuh dan berkabohidrat sebelum mengemudi karena bisa membuat mengantuk. Untuk minuman, hindari yang mengandung minuman yang mengandung alkohol, kafein, atau stimulan lain karena dapat mengganggu konsentrasi dan reaksi mengemudi.

    4. Sempatkan beristirahat

    Cobalah untuk tidur selama 10 sampai 45 menit sebelum perjalanan jauh. Hal ini bertujuan agar mata kalian tidak kering dan mengistirahatkan tubuh kalian.

    5. Jangan mengemudi berjam-jam

    Batas maksimal tubuh kalian untuk mengemudi hanya 2,5 jam. Jadi setelah mengemudi 2,5 jam cobalah untuk berganti mengemudi, atau bisa juga beristirahat di tempat peristirahatan.

    Berita sebelumyaIngin Pamer, BMW M2 Malah Tabrakan
    Berita berikutnyaWOW! Zayn Malik Menyesal Telah Berduet Dengan Taylor Swift?