Hologram Jadi Penanda Batik Asli

0
127
Hologram jadi penanda batik asli. (Suara.com/Dinda Rachmawaty)

Menjadi salah satu wastra Nusantara yang dikenal di seluruh dunia, tak lantas membuat banyak orang mengenal seperti apa batik asli, yang benar-benar dibuat dengan proses membatik.

Bahkan, tak sedikit orang yang paham cara membedakan batik print yang dibuat oleh pabrik dengan batik tulis atau batik asli yang dibuat langsung oleh para pengrajin batik.

Hal ini membuat Asossiation of Expert and Producers of Indonesia Handicraft (ASEPHI) memperkenalkan stiker hologram untuk menandai produk batik asli. Anda bisa melihatnya di acara pameran kerajinan tangan INACRAFT.

“Hologram Batik Asli bergaransi ASEPHI ini sudah digunakan oleh para pedagang batik Pekalongan, sebagai proyek percontohan. Ini adalah salah satu upaya kami menggaransi keaslian batik yang dibeli konsumen, dalam rangka memberikan edukasi kepada khalayak. Bahwa yang dimaksud dengan batik adalah proses, bukan dinilai dari motif,” ujar Ketua Umum Badan Pengurus Cabang ASEPHI Pekalongan, Rommy Oktabirawa.

Tak hanya itu, Rommy juga mengatakan jika hologram batik ini merupakan sebuah penanda untuk melindungi batik tulis, cap, atau kombinasi tulis cap, dan mengedukasi agar konsumen lebih cerdas.

Tak hanya menguntungkan konsumen, penggunaan hologram ini juga dapat melindungi karya-karya para pembuat batik atau produsen.

“Jadi batik Indonesia diekspor ke luar negeri, tapi ada yang mengakui itu batik negara lain. Maka, bisa dicek dari hologram yang tertera,” tutup dia.

Sumber: Suara.com

Berita sebelumyaReal Madrid Akan Tawar Leroy Sane £70 Juta?
Berita berikutnyaAmien Rais Ganti Nawacita Jadi Nawasengsara, Ini Respons Istana