Kuota Cepat Habis? Lakukanlah Hal Ini

0
309

Kehabisan kuota internet tentu menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang, agar tidak terjebak masalah kuota, ada baiknya kita merencanakan pemakaian data pada smartphone kita. Misalnya dengan memperhatikan aplikasi yang memakan penggunaan data yang sangat besar.

Ketahuilah bahwa konten dalam bentuk gambar bergerak atau video, grafis atau foto, yang selain bentuk teks tulisan, itu semua memakan penggunaan data yang besar dan membuat kuota menjadi boros.

Agar kantong tidak jebol karena kuota, mari kita simak cara menghemat kuota yang dijamin paten :

  1. Nyalakan aplikasi yang peting saja

Coba lihat pengaturan pemakaian data seluler di smartphone dan nyalakan untuk aplikasi-aplikasi yang memang sering kamu gunakan. Seperti aplikasi media sosial Facebook, Whatsapp, dll sesuai dengan kebutuhan anda. Sedangkan untuk aplikasi seperti Map atau peta, bila memang tidak digunakan setiap hari sebaiknya matikan saja, atau diubah ke mode offline agar tidak menyedot data terus-menerus.

 

  1. Gunakan browser yang hemat

Cobalah gunakan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini. Browser yang efisien mampu mengomprasi website yang kamu kunjungi sehingga konsumsi data menjadi lebih sedikit. Bila kalian memakai Google Chrome, kalian dapat mengaktifkan penghematan dengan menyentuh ikon tiga titik di kanan atas lalu pilih Settings, Bandwith, kemudian pilih Data Saver untuk mematikan data saving.

 

  1. Diactive autosinkronisasi

Untuk menghemat kuota internet, kalian juga bisa mematikan fitur autosinkronisasi ini dan memilih mode manual saja. Caranya, masuk ke Settings, lalu Account, kemudian pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan.

 

  1. Update menggunakan WiFi

Setiap aplikasi pasti akan ada update dan biasanya membutuhkan data yang besar tergantung perbaruan tersebut, sebaiknya untuk menghemat kuota internet updatelah aplikasi kalian dengan menggunakan WiFi dan janganlah menyalakan fitur update otomatis yang memakai data cellular kalian.

 

  1. Halau tampilan iklan di browser

Tampilan iklan seringkali menganggu saat menjelajahi website, selain menambah gangguan saat surfing dan browsing, kuota internet juga menjadi boros, untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa memasang Adblock Plus untuk memblokir atau mematikan tampilan iklan di browser.

 

 

Berita sebelumyaMercedes-Benz Menyumbangkan Truck Pembersih Jalan Untuk India
Berita berikutnyaNama Jalan di Google Maps yang Bikin Ketawa