Golden Poison Frog, Si Katak Pembunuh

    0
    346

    Golden Poison Frog (Phyllobates terribilis) atau bisa juga disebut katak racun emas, ialah salah satu hewan kecil yang mematikan.

    Katak beracun memiliki panjang tubuh maksimal yang tidak sampai 6 cm. Walaupun bertubuh kecil, namun hewan ini termasuk dalam kategori hewan paling beracun di dunia. Dan spesies katak yang paling mematikan adalah golden poison frog (Phyllobates terribilis).

    Racun katak tersebut dapat membunuh 10 hingga 20 orang, racun dari katak tersebut dihasilkan oleh semacam kelenjar khusus yang terletak di bawah kulit. Kelenjar itu sendiri bisa mendapatkan bahan-bahan kimia yang dibutuhkannya untuk memproduksi racun karena mendapatkan senyawa kimia alkaloid dari hewan-hewan serangga yang dimakan oleh katak tersebut.

    Itulah sebabnya katak beracun yang dipelihara dalam tangkapan dan tidak diberi makan serangga dari habitat liarnya akan memiliki kadar toksin yang jauh lebih sedikit.

    Namun walaupun racun hewan ini sangat berbahaya, sebenarnya manusia tidak perlu menakutinya karena racun katak ini hanya aktif bila tertelan atau masuk ke dalam aliran darah.

    Walaupun hewan ini memiliki racun yang luar biasa, bukan berarti katak ini tidak memiliki musuh di alam liar, spesies ular Leimadophis epinephelus adalah ular yang memiliki kekebalan khusus terhadap racun katak tersebut. Dan ular ini lah musuh alamiahnya.

    Meski hewan ini disebut dapat membunuh manusia, tapi hewan ini juga bermanfaat, racun katak ini bisa digunakan untuk mengolesi senjata, dan telah digunakan oleh penduduk tradisional Amazon. Selain itu para ilmuwan mengatakan bahwa mereka sedang meneliti kandungan racun ini, dan mereka berharap dapat memanfaatkan komponen-komponen kimia dalam racun tersebut untuk diolah menjadi obat, seperti obat penekan rasa sakit.

    Saat ini katak beracun ini pun mulai banyak dipelihara manusia dengan alasan keindahan warna dan corak katak tersebut.

     

     

     

    Berita sebelumyaAsus Strix GL702ZC Laptop pertama Di Dunia Yang Memakai AMD Ryzen
    Berita berikutnyaApple Mengubah Seluruh Layarnya