Lebih Dekat dengan Dalia, Perempuan Berjilbab Pertama di Gedung Putih

    1
    185

    Kebijakan rasis yang akhir-akhir ini didengungkan Presiden Amerika Serikat 2017, Donald Trump memicu ketegangan di beberapa negara termasuk Amerika.

    Tapi tahukah Anda, kalau di tempat Trump tinggal sebagai presiden saat ini pernah ada perempuan berjilab keturunan Timur Tengah yang menjadi penasihat Gedung Putih.

    Adalah Dalia Mogahed, perempuan kelahiran mesir yang juga Direktur Penelitian di Pusat Penelitian Kebijakan Publik di Washington.

    Ia juga menjabat sebagai Presiden dan CEO untuk lembaga Mogahed Consulting di Washington DC. Lembaga ini fokus pada isu-isu komunitas muslim dan isu timur tengah.

    Tak hanya itu, Dalia juga tercatat pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif di Gallup Center for Muslim Studies.

    Tak heran bila pengalaman dan kapabilitasnya itu membuat ia terpilih sebagai penasehat Gedung Putih pada era Barack Obama.

    Jadilah, Dalia sebagai perempuan berhijab pertama yang bekerja di Gedung Putih.

    Dalia bekerja untuk Gedung Putih pada tahun 2009 silam. Ia menempati posisi sebagai penasehat untuk urusan Hubungan Kerjasama Keagamaan. Tanggung jawabnya, untuk meningkatkan persepsi Amerika Serikat di mata umat muslim.

    Hasil dari buah pemikirannya itu lalu diserahkan Dalia kepada Presiden Obama sebagai sebuah pertimbangan dan masukan untuk kebijakan yang akan diambil.

    “Jilbab bukanlah masalah, yang penting adalah ide dan rekomendasi pemikiran bagaimana melibatkan warga Amerika untuk tujuan yang sama,” jelas Dalia.

    Tahun 2008, Dalia menulis buku berjudul “Who speaks for Islam? What a billion Muslims really think” bersama John. L. Esposito.

    Ia juga kini disibukkan dengan pekerjaan sebagai Direktur Riset di Institute for Social Policy and Understanding, sebuah lembaga pemikir nirlaba yang menghasilkan penelitian tentang Muslim Amerika dan komunitas Muslim di seluruh dunia. (Adfi)

    Berita sebelumyaAmien Rais Tersangkut Kasus Korupsi Alkes 2005, Sang Putri Menuliskan Ini Di Akun Sosialnya
    Berita berikutnyaLagi, Ridwan Kamil Marah Pada Netizen, Kali Ini Soal Fotonya Ceramah di Gereja

    Comments are closed.