Tiket Mudik Online Penyeberangan Kapal Laut Sudah Bisa Dipesan

    1
    588

    PT ASDP Indonesia Ferry (ASDP) Persero membuka layanan online pembelian tiket mudik untuk penyeberangan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, Sejak Kamis, 1 Juni 2017. Tiket online untuk keberangkatan mulai 19 Juni 2017 dan seterusnya itu diklaim sebagai solusi untuk mengurai kemacetan dan penumpukan antrean kendaraan di pelabuhan.

    Vice President Service and Assurance PT ASDP Indonesia Ferry (ASDP) Persero Rizki Dwianda mengatakan sistem tiket online untuk penyeberangan laut ini baru diberlakukan pertama kali pada musim mudik tahun ini.

    “Tiket online ini akan memecahkan persoalan kemacetan dan penumpukan kendaraan di pelabuhan saat akan masuk kapal,” kata Rizki seusai pemaparan kesiapan Astra Intra Toll Road Tangerang-Merak di Karawaci, Tangerang, Rabu malam, 31 Mei 2017.

    Dengan sistem tiket online yang ada, menurut Rizki, masyarakat yang akan mudik menggunakan jasa angkutan kapal laut dapat mengatur sendiri waktu keberangkatan dan mendpatkan kepastian waktu keberangkatan kapal. “Sehingga penyeberangan bisa tepat waktu,” katanya.

    Menurut Rizki, tiket online akan menjadi solusi kemacetan arus mudik dan arus balik Lebaran karena ada 2 waktu penyebrangan, pagi dan siang. Serta tiket yang terjadwal sesuai dengan kapasitas pelabuhan. Sistem ini juga akan mengurangi antrean kendaraan saat akan masuk kapal karena secara otomatis mengurangi pengguna jasa go show (terjadwal) sehingga mengurangi antrean di pelabuhan.

    “Distribusi penumpang dan kendaraan merata serta pencatatan manifes penumpangnya dapat dilakukan dengan cepat,” kata Rizki.

    Rizki mengatakan, selama ini pencatatan manifes penumpang di pelabuhan yang menjadi salah satu penyebab antrean panjang. “Tahun sebelumnya masih sangat manual, masih mengisi dengan menulis di kertas, membutuhkan waktu yang cukup lama, controlling-nya juga susah,” tuturnya.

    Dengan tiket mudik online, waktu antrean di pelabuhan dapat dipangkas dari 60 detik setiap kendaraan menjadi 5 detik setiap kendaraan. Sebab, penumpang tidak perlu repot membeli tiket dan tidak akan dilakukan pencatatan manifes lagi.

    “Pengguna tiket online masuk di loket khusus online, langsung scan, satu detik selesai dan masuk kapal,” katanya.

    Berita sebelumyaStudio Net TV Diancam Bom, Tapi Setelah Disisir, Hasilnya Nihil
    Berita berikutnyaOptimis Ronaldo Kalahkan Juventus

    Comments are closed.