Si Jago Merah Lalap Koleksi Bersejarah di Museum Bahari

0
220

Berkabar. ID – Pagi tadi si Jago Merah telah mengamuk dan melalap Gedung Museum Bahari yang terletak di Penjaringan, Jakarta Utara. Kobaran api membakar hampir seluruh bangunan peninggalan VOC tersebut.

Gedung Museum yang berada di Jl. PS Ikan, Jakarta Utara itu terbakar pukul 08.55 WIB, Selasa (16/1). Sebanyak 20 unit pemadam kebakaran (damkar) yang berasal dari Damkar Jakarta Utara dan Jakarta Barat telah dikerahkan untuk segera memadamkan api.

Kebakaran itu terjadi di sisi utara museum. Kepala Museum Bahari Husnison Nizar mengatakan, kebakaran yang saat ini terjadi di Museum Bahari mengakibatkan koleksi miniatur model dan alat-alat navigasi bersejarah hangus terbakar.

“Ruang museum kebakaran. Koleksi kebakar ada miniatur alat-alat navigasi,” ujar Husnison.

Terlihat api berkobar di bangunan utama museum itu hingga mengeluarkan asap hitam tebal. Gedung yang berdinding tinggi ini menyulitkan petugas damkar memadamkan api. Tapi karena tembok yang sangat tinggi itulah yang membuat api tidak menjalar ke area sekitarnya.

Sebelumnya, situs DPKP DKI telah mengunggah berita terbakarnya Museum Bahari tersebut pada pukul 9:19 PM – 16 Jan 2018.

Sampai saat ini proses pemadaman api masih berlangsung. Tidak ada korban luka maupun jiwa saat kebakaran terjadi. Pegawai dan pengunjung museum telah diungsikan ke luar museum. Sebelumnya, bangunan ini digunakan untuk menyimpan barang dagangan utama VOC di Nusantara, yaitu rempah, kopi, teh, tembaga, timah dan tekstil.

Sementara itu, Gubernur Jakarta Anies didampingi Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta Subejo, Kepala Satpol PP Yani Wahyu, dan sejumlah pejabat Jakarta Utara menyambangi Tempat Kejadiam Kebakaran Museum Bahari. Anies tiba di lokasi sekira pukul 10.05 WIB dan mengenakan baju seragam Dinas Perhubungan lengan panjang.

Sesampainya di tempat kebakaran ia langsung disambut oleh Walikota Jakarta Utara, Husein Murad dan Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Tinia Budiarti. Anies menyempatkan juga untuk berbincang-bincang dengan petugas Damkar.

Sampai saat ini masih diselidiki penyebab terjadinya kebakaran. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran museum bersejarah tersebut. Barang-barang yang syarat akan histori tersebut sebagian diamankan.

Berita sebelumyaKematian O’Riordan Bawa Duka Bagi Presiden Irlandia Hingga Musisi Dunia
Berita berikutnyaPasangan Ini Diadili Setelah Ketahuan Mengurung dan Menyiksa 13 Anaknya