Wow, Ternyata Plankton Organisme Terpenting Di Dunia

    22
    683

    Plankton merupakan organisme hanyut yang hidup dalam zona pelagik (bagian atas) samudera, laut, dan badan air tawar. Berbeda dengan di film Spongebob, plankton sebenarnya adalah oragnisme penting di dunia, karena plankton adalah makanan bagi kehidupan akuatik.

    Bagi makhluk laut, plankton adalah sumber makanan utama mereka, plankton sendiri berasal dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan, walaupun plankton termasuk dalam kategori makhluk hidup, tapi mereka tidak mempunyai kekuatan untuk melawan arus, sehingga plankton akan menghayut sesuai angin dan air.

    Selain menjadi sumber makanan, plankton juga adalah penyumbang terbanyak oksigen bagi dunia, plankton menyumbang 80% kebutuhan oksigen, hal ini karena kemampuannya berespirasi yang menghasilkan gelembung-gelembung oksigen yang terdapat di dalam laut, oksigen tersebut terlepas ke udara dan menjadi gas yang dapat dinikmati bagi kita.

    Dan menurut para ilmuwan asal AS, mereka menemukan bahwa secara tidak langsung plankton dapat membuat awan yang dapat menahan sebagian sinar matahari, sehingga plankton disebut bisa membantu memperlambat pemanasan global. Dierdre Toole dari Institusi Oceanografi Woods Hole (WHOI) dan David Siegel dari Universitas California, Santa Barbara (UCSB) adalah dua peneliti itu.

    Mereka berpendapat bahwa plankton sangatlah penting bagi dunia, karena plankton adalah sumber makanan bagi kehidupan akuatik, plankton merupakan penyumbang oksigen terbanyak melebihi pohon yang diperkirakan menyumbang 20%, lalu plankton disebut dapat membantu memperlambat pemanasan global. Dengan kelebihan tersebut walaupun bertubuh kecil makhluk ini memiliki manfaat yang sangat besar,jika mereka punah, mungkin dunia pun sama.

     

    Berita sebelumyaFakta Dan Keunikan Bendera Norwegia
    Berita berikutnyaASRock Keluarkan Motherboard Intel X299

    Comments are closed.